PERBANDINGAN PENDIDIKAN MORAL ANAK USIA DINI MENURUT NASHIH ULWAN DAN KOHLBERG (TINJAUAN PSIKOLOGIS DAN METODOLOGIS)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui konsep pendidikan moral
Anak Usia Dini menurut Nasikh Ulwan dan Kohlberg; (2) mengkaji perbedaan
asumsi dasar yang digunakan oleh Nasikh Ulwan dan Kohlberg dalam teori
perkembangan moral anak; (3) mengidentifikasi relevansi dari teori Nasikh Ulwan
dan Kohlberg dalam Pendidikan Anak Usia Dini di Indonesia.
Jenis penelitiannya adalah penelitian library research. Sumber data
primer dari buku terjemahan karangan Nasikh Ulwan “Tarbiyatul aulad fil Islam”
dan buku terjemahan karangan Kohlberg “Tahap-tahap perkembangan moral”.
Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi serta metode analisis
datanya dengan content analysis. Menurut Holsti content analysis dengan
mengidentifikasikan berbagai karateristik khusus suatu pesan secara objektif,
sistematis dan generalis.
Hasil penelitian dapat disimpulkan: Konsep pendidikan moral menurut
Nasikh Ulwan, pendidikan moral merupakan serangkaian prinsip dasar moral dan
keutamaan sikap serta watak (tabiat) yang harus dimiliki dan dijadikan kebiasaan
oleh anak sejak masa pemula hingga ia menjadi seorang mukallaf. Sedangkan
menurut Kohlberg, norma yang menetapkan perilaku apa yang harus diambil pada
suatu saat, bahkan sebelum bertindak. Beberapa asumsi mengenai konsep
pendidikan moral : (1) Menurut Nasikh Ulwan sumber moral berdasarkan kepada
keimanan seseorang yang berpedoman pada al Qur’an dan Hadiś, sedangkan
menurut Kohlberg bahwa nilai moral bersumber pada akal pikir manusia itu
sendiri; (2) Tahapan moral menurut Nasikh Ulwan tidak diuraikan seperti yang
diungkapkan Kohlberg. Nasikh Ulwan tidak mengungkapkan tahapan
perkembangan moral secara terperinci karena moral sudah terbentuk dari anak itu
lahir dan kesempurnaan moral dapat dilihat dari ketaqwaan manusia kepada
Tuhannya; (3) Fungsi pendidikan moral menurut Nasikh Ulwan adalah sebagai
sarana untuk menanamkan nilai-nilai moral kepada anak. Sedangkan menurut
Kohlberg adalah membantu anak menemukan nilai moralnya masing-masing
tanpa adanya aturan moral dan sesuai dengan tahapan yang dilalui.