View Item 
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Islamic Studies
      • Department of Tarbiyah
      • View Item
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Islamic Studies
      • Department of Tarbiyah
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER AYAT-AYAT ḤIWĀR AL-ĀBĀ` MA’A AL-ABNĀ` DALAM ALQURAN (Telaah Tafsir Al-Misbah Karya M. Quraish Shihab)

      Thumbnail
      View/Open
      COVER (222.2Kb)
      HALAMAN JUDUL (603.2Kb)
      HALAMAN PENGESAHAN (444.9Kb)
      ABSTRACT (320.6Kb)
      BAB I (470.3Kb)
      BAB II (403.5Kb)
      BAB III (353.5Kb)
      BAB IV (973.8Kb)
      BAB V (325.1Kb)
      DAFTAR PUSTAKA (368.6Kb)
      LAMPIRAN (143.6Kb)
      Date
      2016-12-28
      Author
      WARDANA, BUDI ADITYA
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Penelitian ini bertujuan untuk, (1) mengetahui ayat-ayat dalam Alquran yang menjelaskan tentang Ḥiwār al-Ābā` ma’a al-Abnā`, (2) mengetahui nilai-nilai pendidikan karakter yang terdapat dalam ayat-ayat Ḥiwār al-Ābā` ma’a al-Abnā` menurut tafsir Al-Misbah karya M. Quraish Shihab, (3) mengetahui sejauh mana relevansi peran ayah dalam penanaman nilai-nilai pendidikan karakter terhadap anak pada zaman sekarang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kepustakaan (library research). Pendekatan dalam penelitian ini adalah deskriptif analisis. Sumber data pada penelitian ini dibagi menjadi dua macam yaitu sumber primer dan sekunder. sumber primer dalam penelitian ini adalah Tafsīr al-Misbah karya Muhammad Quraish Shihab. Sedangkan sumber primer Educating for Character karya Thomas Lickona, Pendidikan Karakter Islam karya Marzuki dan buku-buku yang mendukung lainnya. Metode analisis data berupa analisa data dengan menggunakan analisis isi (content analysis). Penelitian ini mendapatkan beberapa kesimpulan (1) Ayat-ayat dalam Alquran yang menjelaskan tentang Hiwār al-Ābā` ma’a al-Abnā` ada 17 tema dialog yaitu Q.S Al- Baqarah : 132-133, Al An’am : 74, Hud : 42-43, Yusuf : 4-5, 11-14, 16-18, 63-67, 81-87, 94-98, 99-100, Maryam : 23-26, 41-48, Al- Qasas : 11, 26, Luqman : 13-19 dan Ash-Shaffat : 102. (2) Nilai-nilai pendidikan karakter yang terdapat dalam ayat-ayat Ḥiwār al-Ābā` ma’a al-Abnā` dalam prespektif tafsir Al-Misbah ada 12 nilai meliputi taat kepada allah, tawakkal, sabar, optimis, pemaaf, bekerja keras, sopan santun, kuat bekerja, dapat dipercaya (amanah), berbakti kepada orang tua, mengajak berbuat baik (amar ma’ruf nahi mungkar), rendah hati dan rela berkorban. (3) Peran ayah dalam penanaman nilai-nilai pendidikan karakter dan pembentukan akhlak yang mulia terhadap anak pada masa kini merupakan suatu keniscayaan. Sehingga peran ayah sangat relevan dalam membentuk karakter dan akhlak anak.
      URI
      http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/8582
      Collections
      • Department of Tarbiyah

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV
       

       

      Browse

      All of UMY RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV