ANALISIS PENGARUH RELOKASI PARKIR TERHADAP MINAT BERBELANJA MASYARAKAT DI MALIOBORO
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Pengaruh Relokasi Parkir terhadap Minat Berbelanja Masyarakat di kawasan Malioboro. Jenis penelitian ini adalah testing hipotesis karena dalam penelitian ini dilakukan pengujian hipotesis pengaruh relokasi parkir, kualitas pelayanan (meliputi bukti fisik) terhadap minat berbelanja masyarakat Yogyakarta dengan menggunakan metode survei, subjek dalam penelitian ini adalah masyarakat Yogyakarta yang pernah melakukan pembelian di kawasan Malioboro. Dalam penelitian ini sampel berjumlah 100 resonden yang ditentukan dengan menggunakan teknik purposive sampling.
Dari hasil pengolahan data mengenai berapa besar pengaruh relokasi parkir yang telah diterapkan di kawasan Malioboro adalah sebesar 60,8% hal ini dilihat dari presentase rata-rata variabel relokasi parkir, sehingga pengaruhnya terhadap minat berbelanja masuk dalam kategori tinggi. Dari hasil pengolahan data diketahui bahwa variabel tertinggi yang mempengaruhi minat berbelanja konsumen adalah lokasi parkir sebesar 45,5 % di kawasan Malioboro.