View Item 
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Islamic Studies
      • Department of Tarbiyah
      • View Item
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Islamic Studies
      • Department of Tarbiyah
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      PENERAPAN METODE COOPERATIVE LEARNING TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) UNTUK PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VIII PADA MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADITS DI SMP MUHAMMADIYAH BANTUL

      Thumbnail
      View/Open
      COVER (109.6Kb)
      HALAMAN JUDUL (1.647Mb)
      HALAMAN PENGESAHAN (560.0Kb)
      ABSTRACT (248.5Kb)
      BAB I (188.7Kb)
      BAB II (321.7Kb)
      BAB III (429.1Kb)
      BAB IV (724.8Kb)
      BAB V (238.7Kb)
      DAFTAR PUSTAKA (257.5Kb)
      LAMPIRAN (2.021Mb)
      Date
      2017-05-22
      Author
      IRMAYANTI, NURSIAH
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Tujuan dari penelitian ini adalah untuk: 1) mendeskripsikan penerapan metode Cooperative Learning tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) di kelas VIII SMP Muhammadiyah Bantul, 2) memaparkan keaktifan dan prestasi belajar siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah Bantul sebelum dan sesudah penerapan metode Cooperative Learning Tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) , 3) mengetahui peningkatan keaktifan dan prestasi belajar siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah Bantul dalam pembelajaran Al-Qur’an Hadits dengan menggunakan metode Cooperative Learning Tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD). Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research-CAR) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Satu siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Adapun yang menjadi subyek penelitian ini adalah siswa kelas VIII A, dengan jumlah 30 siswa. Terdiri dari 12 siswa laki-laki dan 17 siswi perempuan. Penelitian ini menggunakan 4 metode pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kuantitatif dan kualitatif. Analisis kuantitatif digunakan untuk data observasi dan tes. Sedangkan data kualitatif untuk data wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa metode Cooperative Learning Tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) dapat meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar Qur’an Hadits. Peningkatan keaktifan tersebut dapat dilihat dari perolehan persentase pada prasiklus 45% (kategori rendah) meningkat pada siklus I menjadi 57% (kategori cukup) meningkat pada siklus II menjadi 72% (kategori tinggi). Adapun prestasi belajar siklus I sebesar 60% (kategori cukup). Pada siklus II persentase hasil belajar meningkat menjadi 79% (kategori tinggi).
      URI
      http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/10649
      Collections
      • Department of Tarbiyah

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV
       

       

      Browse

      All of UMY RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV