PENERAPAN METODE COOPERATIVE LEARNING TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) UNTUK PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VIII PADA MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADITS DI SMP MUHAMMADIYAH BANTUL
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk: 1) mendeskripsikan penerapan metode Cooperative Learning tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) di kelas VIII SMP Muhammadiyah Bantul, 2) memaparkan keaktifan dan prestasi belajar siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah Bantul sebelum dan sesudah penerapan metode Cooperative Learning Tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) , 3) mengetahui peningkatan keaktifan dan prestasi belajar siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah Bantul dalam pembelajaran Al-Qur’an Hadits dengan menggunakan metode Cooperative Learning Tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD).
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research-CAR) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Satu siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Adapun yang menjadi subyek penelitian ini adalah siswa kelas VIII A, dengan jumlah 30 siswa. Terdiri dari 12 siswa laki-laki dan 17 siswi perempuan. Penelitian ini menggunakan 4 metode pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kuantitatif dan kualitatif. Analisis kuantitatif digunakan untuk data observasi dan tes. Sedangkan data kualitatif untuk data wawancara dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa metode Cooperative Learning Tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) dapat meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar Qur’an Hadits. Peningkatan keaktifan tersebut dapat dilihat dari perolehan persentase pada prasiklus 45% (kategori rendah) meningkat pada siklus I menjadi 57% (kategori cukup) meningkat pada siklus II menjadi 72% (kategori tinggi). Adapun prestasi belajar siklus I sebesar 60% (kategori cukup). Pada siklus II persentase hasil belajar meningkat menjadi 79% (kategori tinggi).