View Item 
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Engineering
      • Department of Civil Engineering
      • View Item
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Engineering
      • Department of Civil Engineering
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      ANALISA PENGARUH ALIRAN DEBRIS TERHADAP GERUSAN LOKAL PADA PILAR MENGGUNAKAN SOFTWARE iRIC: Nays2DH 1.0 (STUDI KASUS : PILAR PERSEGI DAN PILAR LINGKARAN DENGAN ALIRAN SUPERKRITIK)

      Thumbnail
      View/Open
      COVER (128.4Kb)
      HALAMAN JUDUL (403.3Kb)
      HALAMAN PENGESAHAN (650.3Kb)
      ABSTRACT (85.5Kb)
      BAB I (95.66Kb)
      BAB II (206.1Kb)
      BAB III (692.2Kb)
      BAB IV (955.1Kb)
      BAB V (1.964Mb)
      BAB VI (147.9Kb)
      DAFTAR PUSTAKA (85.10Kb)
      LAMPIRAN (834.8Kb)
      NASKAH PUBLIKASI (813.3Kb)
      Date
      2017-05-17
      Author
      SURYADI, DEDY
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Pilar jembatan merupakan konstruksi yang terletak di tengah sungai atau yang lain yang berfungsi sebagai pemiku lantara bentang tepi dan bentang tengah bangunan atas jembatan. Ketika pilar berada di tengah sungai, akan mengganggu pola aliran sungai tersebut, sehingga akan terjadinya sebuah gerusan lokal yang disebabkan karena adanya rintangan berupa pilar. Gerusan yang terjadi biasa disebut dengan gerusan lokal yang dapat menimbulkan kerusakan pada struktur pilar karena dasar sungai akan tergerus, menyebabkan kekuatan tumpuan pilar akan berkurang dan menyebabkan pilar tidak memiliki daya dukung sehingga pilar akan runtuh. Dari masalah ini dibutuhkan sebuah pemodelan untuk meminimalisir terjadinya gerusan lokal dari pilar jembatan dengan mensimulasikannya kedalam bentuk model. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan software iRIC: Nays2DH 1.0 dengan debit 0,0052 m3/s, waktu 3 menit, aliran seragam, sedimen nonuniform dengan maksima lbutiran 0,975 mm, slope 0,0358, keadaan aliran superkritik dengan angka manning 0,0115, geometri penampang saluran dengan lebar 0,46 m dan panjang 2,5 m. selain model numerik disimulasikan juga di laboratorium dengan simulasi model fisik dengan lebar saluran 0,46 m, panjang saluran 5 m dan tinggi 0,4 m dengan kondisi aliran superkritik dan aliran seragam, slope saluran 0,0358 menggunakan debit aliran Q= 0,0052 m3/detik, dengan angka manning 0,0115 dan material yang digunakan berupa pasir dengan nilai d50=0,955mm. Hasildari simulasi software iRIC: Nays2DH 1.0 pada analisa kecepatan didapat kecepatan tertinggi sebesar 1,15 m/s pada pilar persegi, sedangkan dari pilar lingkaran didapat kecepatan tertinggi sebesar 1,11 m/s. Pada pemodelan fisik analisa kecepatan terbesar pada pilar lingkaran sebesar 1,065 m/s dan pada pilar persegi sebesar 1,424 m/s. Kedua simulasi menunjukkan hasil kecepatan dari pilar persegi lebih besar dibanding dengan pilar lingkaran. Pada analisa pola aliran, simulasi dengan software iRIC: Nays2DH 1.0 memiliki hasil yang relatif sama dengan simulasi model fisik. Pola aliran pada pilar lingkaran lebih mengikuti bentuk pilar dibandingkan dengan pilar persegi yang memiliki sudut lebih besar maka pola alirannya melebar ke sisi samping dari pilar persegi. Pada hasil analisa elevasi gerusan, pilar dengan bentuk persegi memiliki gerusan yang lebih besar dibanding dengan pilar bentuk lingkaran, sehingga pilar lingkaran dapat dijadikan sebagai dasar pertimbangan perencanaan bentuk pilar jembatan di lapangan.
      URI
      http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/11029
      Collections
      • Department of Civil Engineering

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV
       

       

      Browse

      All of UMY RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV