PERAN BIMBINGAN ORANG TUA TERHADAP PENGGUNAAN GADGET UNTUK GAME ONLINE PADA ANAK USIA REMAJA
Abstract
Game online adalah permainan yang dimainkan secara online via internet. Maraknya game online membuat para remaja ingin memainkan permainan tersebut. Para remaja menganggap bahwa dengan bermain game online segala rasa penat yang dialaminya, baik itu dari diri sendiri, orang tua, guru maupun orang lain dapat terkurangi. Apabila seseorang sudah ketergantungan bermain game online, maka dampak buruk jangka panjang akan terjadi. Dalam hal ini, orang tua harus mengawasi dan mengarahkan anak remajanya dengan sikap yang bijaksana. Peran dan bimbingan orang tua akan sangat berpengaruh bagi keberlangsungan hidup anak di dunia maupun di akhirat.
Subyek pada penelitian ini adalah lima orang tua yang mempunyai anak remaja pengguna gadget untuk game online dan lima anak remaja berusia tiga belas sampai lima belas tahun pengguna gadget untuk game online di dusun Godang. Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui peran bimbingan orang tua terhadap anak remaja pengguna gadget untuk game online, mengetahui dampak negatif yang terjadi setelah anak mulai bermain game online dan mencari tahu faktor-faktor penghambat dalam membimbing anak remaja pengguna gadget untuk game online. Jenis penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif dengan metode wawancara dan dokumentasi.
Hasil penelitian yang diperoleh di lapangan menunjukkan bahwa dari kelima subyek orang tua hanya ada satu yang tidak memiliki masalah dalam membimbing anak remajanya, empat subyek merasakan dampak negtaif setelah anak remajanya mulai bermain game online dan empat subyek orang tua memiliki hambatan dalam membimbing anak remajanya. Hal ini menunjukkan bahwa peran bimbingan orang tua pada anak remaja pengguna gadget untuk game online di dusun Godang belum berjalan dengan maksimal.