Show simple item record

dc.contributor.advisorMADJID, ABDUL
dc.contributor.authorFINALITA, FELLA DWI
dc.date.accessioned2017-07-06T07:28:18Z
dc.date.available2017-07-06T07:28:18Z
dc.date.issued2017-05-15
dc.identifier.urihttp://repository.umy.ac.id/handle/123456789/11446
dc.descriptionThe purposes of this research are to: 1) know the activeness of students of class V C SD Muhammadiyah Karangkajen 1 before doing card sort method on Al Islam subject, 2) to know student learning achievement on Al Islam subject in class V C SD Muhammadiyah Karangkajen 1, and 3) whether the use of card sort method can improve the students’ activeness and learning achievement on Al Islam subject in class V C SD Muhammadiyah Karangkajen 1. This research is classroom action research consisting of 2 cycles. One cycle consists of four stages: planning, execution, observation and reflection. The subjects of this study are male and female students of class V C with the total of 35 people, consisting of 22 male students and 13 female students. This research uses four methods of data collection that is observation, interview, documentation, and test. Data analysis techniques used are qualitative and quantitative analysis. Qualitative analysis is used for interview data and documentation analyzed descriptively. While quantitative analysis is used for percentage for data in the form of observation and test. The results of this study indicate that the active learning model of card sort method can improve the activeness and learning achievement of students on Al Islam subject. The improvement in the activeness can be seen from the average percentage gain from pre-cycle, cycle I, and cycle II. It is proven from the acquisition of the percentage of students’ learning activeness learning in precycle by 40% (low category). Cycle I increases to 56% (medium category). Cycle II increases to 79% (high category). While the learning achievement in pre-cycle gains achievement percentage of 37% (low category). Cycle I percentage achievement increases to 83% (very high). In cycle II the percentage of achievement increases dramatically to 100% (very high).en_US
dc.description.abstractTujuan dari penelitian ini untuk 1) mengetahui keaktifan siswa kelas V C SD Muhammadiyah Karangkajen 1 sebelum dilakukan metode card sort pada mata pelajaran Al Islam, 2) mengetahui hasil belajar siswa pada mata pelajaran Al Islam kelas V C SD Muhammadiyah Karangkajen I, 3) membuktikan apakah penggunaan metode card sort dapat meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Al Islam di kelas V C SD Muhammadiyah Karangkajen I. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (classroom action research-CAR) yang terdiri dari 2 (dua) siklus. Satu siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa dan siswi kelas V C dengan jumlah 35 orang, terdiri dari 22 siswa laki-laki dan 13 siswi perempuan. Penelitian ini menggunakan empat metode pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif dan kuantitatif. Analisis kualitatif digunakan untuk data wawancara dan dokumentasi yang dianalisis secara deskriptif. Sedangkan analisis kuantitatif persentase untuk data berupa observasi dan tes. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran aktif (active learning) metode card sort dapat meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Al Islam. Peningkatan keaktifan tersebut dapat dilihat dari perolehan persentase rata-rata dari prasiklus, siklus I, dan siklus II. Terbukti dari perolehan persentase keaktifan belajar siswa pada prasiklus sebesar 40% (kategori rendah). siklus I naik menjadi 56% (kategori sedang). Siklus II meningkat menjadi 79% (kategori tinggi). Sedangkan prestasi belajar pada prasiklus memperoleh persentase ketuntasan sebesar 37% (kategori rendah). Siklus I persentase ketuntasan menjadi 83% (sangat tinggi). Pada siklus II persentase ketuntasan meningkat drastis menjadi 100% (sangat tinggi).en_US
dc.publisherFAI UMYen_US
dc.subjectkeaktifan belajar, prestasi belajar, card sort dan PTK. learning activeness, learning achievement, card sort and CARen_US
dc.titlePENINGKATAN KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AL ISLAM MELALUI METODE CARD SORT DI KELAS V C SD MUHAMMADIYAH KARANGKAJEN 1en_US
dc.typeThesis SKR FAI 079en_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record