View Item 
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Islamic Studies
      • Department of Tarbiyah
      • View Item
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Islamic Studies
      • Department of Tarbiyah
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      KEMAMPUAN GURU ISMUBA DALAM MENGEMBANGKAN KECERDASAN EMOSI DAN SPIRITUAL SISWA MELALUI KEGIATAN KEISLAMAN DI SMP MUHAMMADIYAH PLUS MUNTILAN

      Thumbnail
      View/Open
      COVER (32.30Kb)
      HALAMAN JUDUL (1.128Mb)
      HALAMAN PENGESAHAN (333.6Kb)
      ABSTRACT (88.15Kb)
      BAB I (98.48Kb)
      BAB II (176.1Kb)
      BAB III (233.8Kb)
      BAB IV (768.2Kb)
      BAB V (19.43Kb)
      DAFTAR PUSTAKA (106.0Kb)
      LAMPIRAN (1.393Mb)
      Date
      2017-05-17
      Author
      MISBAHUDDIN, MUJAHID
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui perencanaan guru ISMUBA dalam mengembangkan kecerdasan emosi dan spiritual siswa melalui kegiatan keislamaan. (2) Menganalisis strategi Guru ISMUBA dalam mengembangkan kecerdasan emosi dan spiritual siswa. (3) Menganalisis tingkat keberhasilan guru ISMUBA dalam mengembangkan kecerdasan emosi dan spiritual siswa.(4) Mengetahui faktor penghambat dan pendukung dalam mengembangkan kecerdasan emosi dan spiritual siswa. Penelitian menggunakan jenis penelitian deskriptif expost facto dengan pendekatan mixed method. Subjek penelitiannya adalah Guru ISMUBA yang berjumlah 5 orang. Sedangkan untuk siswa populasi berjumlah 269 anak dengan sampel 135 anak. Teknik pengambilan sampel menggunakan stratified sampling. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, dokumentasi, observasi dan angket. Untuk data kuantitatif dianalisis dengan statistik deskriptif, sedangkan data kualitatif secara deskriptif kualitatif. . Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Perencanaan Guru ISMUBA dalam mengembangkan kecerdasan emosi dan spiritual melalui kegiatan keislaman sudah baik. Hal ini dibuktikan dengan adanya persiapan, perumusan tujuan kegiatan, dan pelaksanaan evaluasi yang terstruktur serta sosialisasi yang sudah menyeluruh. (2) Strategi Guru ISMUBA dalam mengembangkan kecerdasan emosi dan spiritual siswa sudah baik. Hal ini dibuktikan dengan materi kegiatan keislaman yang berhubungan dengan kecerdasan emosi dan spiritual siswa, metode yang sesuai (keteladanan dan pembiasaan), penilaian yang menyeluruh serta media pendukung yang digunakan secara optimal. (3) Tingkat keberhasilan Guru ISMUBA dalam mengembangkan kecerdasan emosi dan spritual siswa sudah berhasil. Hal ini terbukti dengan data yang menunjukkan dari 135 responden 53% memiliki kecerdasan emosi yang baik. Sedangkan untuk kecerdasan spiritual menunjukkan 44% memiliki kecerdasan spiritual yang baik. (4) Faktor penghambat meliputi maraknya media sosial, minat dan bakat siswa, lingkungan pergaulan, komunikasi dengan orang tua. Faktor pendukung meliputi adanya program IFDS (Islamic Fullday School) dan dukungan orang tua
      URI
      http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/11509
      Collections
      • Department of Tarbiyah

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV
       

       

      Browse

      All of UMY RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV