HUBUNGAN TINGKAT KEPUASAN MAHASISWA TERHADAP KURIKULUM 2014 DENGAN HASIL BELAJAR PADA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN DOKTER UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA
Abstract
Kurikulum kedokteran di Universitas Muhammadiyah
Yogyakarta mengalami perubahan pada tahun 2014. Perubahan tersebut dapat
berpengaruh terhadap hasil belajar mahasiswa.
Tujuan: Mengetahui hubungan tingkat kepuasan mahasiswa terhadap Kurikulum
2014 dengan hasil belajar.
Metode: Jenis penelitian ini adalah deskriptif analitik. Total responden berjumlah
184 mahasiswa angkatan 2014 dan 2015. Data primer penelitian menggunakan
kuesioner tentang kepuasan yang dibuat oleh peneliti sedangkan data sekunder
diambil dari nilai Indeks Prestasi Tahap dan nilai Evaluasi Belajar. Hubungan
antara kedua kepuasan mahasiswa terhadap kurikulum dengan nilai Blok dan IPT
dihitung menggunakan rumus Spearman.
Hasil: Penelitian ini menunjukan hasil tidak terdapat hubungan antara tingkat
kepuasan mahasiswa terhadap kurikulum 2014 dengan hasil belajar (p>0.05).
Dengan rincian sebagai berikut : (1) Hubungan tingkat kepuasan mahasiswa
dengan nilai Indeks Prestasi Tahap responden angkatan 2015 (p = 0.053, r = 0203)
dan
responden
angkatan
2014
(p
=
0.083,
r = 0182). (2) Hubungan tingkat
kepuasan mahasiswa dengan nilai Evaluasi Belajar responden angkatan 2015 (p =
0054, r = -0202) dan responden angkatan 2014 (p = 0164, r = 0146).
Kesimpulan: Tidak terdapat hubungan antara tingkat kepuasan mahasiswa
terhadap kurikulum 2014 dengan hasil belajar