dc.contributor.advisor | NURISNA, ZUHRI | |
dc.contributor.author | PUTERA, AKBAR GINANJAR | |
dc.date.accessioned | 2017-07-31T03:06:33Z | |
dc.date.available | 2017-07-31T03:06:33Z | |
dc.date.issued | 2017-05 | |
dc.identifier.uri | http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/12239 | |
dc.description | Turbocharger adalah sebuah kompressor sentrifugal yang mendapat daya
dari turbin yang sumber tenaganya berasal dari tekanan gas buang engine.
Turbocharger digunakan dalam pembakaran mesin untuk meningkatkan tenaga
dan efisiensi mesin dengan meningkatkan tekanan udara yang masuk menuju ke
ruang bakar mesin. Keuntungan dari turbocharger adalah memberi udara yang
lebih sehingga menghasilkan peningkatan power atau tenaga mesin yang cukup
signifikan. Tujuan penelitian ini adalah menganalisa Sistim Turbocharger KIA
Carnival 2.9 Diesel Type RHF5, pengaruh nilai end play, dan mengidentifikasi
terjadinya trouble dan melakukan maintenance pada Turbocharger KIA Carnival
2.9 Diesel Type RHF5 .
Prosedur pemeriksaan pada Turbocharger yaitu pemeriksaan secara visual
pada sistim Turbocharger dan dust indikator. Selain itu, juga dilakukan
pengukuran nilai end play radial dan axial pada turbin dan compressor shaft
untuk mengetahui standart besar nilai end play radial dan axial pada turbocharger
dan menganalisa setiap komponen pada Turbocharger untuk mengetahui nilai
standard service pada sistim Turbocharger dan juga menganalisa oil lubrication
pada Turbocharger
Hasil dari analisa baik secara visual maupun non visual menunjukkan
bahwa penyebab trouble yang sering terjadi pada turbocharger adalah
tersumbatnya saluran oli pada sistim lubrication karena banyak kotoran yang
masuk pada sistim pelumasan. | en_US |
dc.description.abstract | Turbocharger adalah sebuah kompressor sentrifugal yang mendapat daya
dari turbin yang sumber tenaganya berasal dari tekanan gas buang engine.
Turbocharger digunakan dalam pembakaran mesin untuk meningkatkan tenaga
dan efisiensi mesin dengan meningkatkan tekanan udara yang masuk menuju ke
ruang bakar mesin. Keuntungan dari turbocharger adalah memberi udara yang
lebih sehingga menghasilkan peningkatan power atau tenaga mesin yang cukup
signifikan. Tujuan penelitian ini adalah menganalisa Sistim Turbocharger KIA
Carnival 2.9 Diesel Type RHF5, pengaruh nilai end play, dan mengidentifikasi
terjadinya trouble dan melakukan maintenance pada Turbocharger KIA Carnival
2.9 Diesel Type RHF5 .
Prosedur pemeriksaan pada Turbocharger yaitu pemeriksaan secara visual
pada sistim Turbocharger dan dust indikator. Selain itu, juga dilakukan
pengukuran nilai end play radial dan axial pada turbin dan compressor shaft
untuk mengetahui standart besar nilai end play radial dan axial pada turbocharger
dan menganalisa setiap komponen pada Turbocharger untuk mengetahui nilai
standard service pada sistim Turbocharger dan juga menganalisa oil lubrication
pada Turbocharger
Hasil dari analisa baik secara visual maupun non visual menunjukkan
bahwa penyebab trouble yang sering terjadi pada turbocharger adalah
tersumbatnya saluran oli pada sistim lubrication karena banyak kotoran yang
masuk pada sistim pelumasan. | en_US |
dc.language.iso | other | en_US |
dc.publisher | VOKASI UMY | en_US |
dc.subject | Turbocharger | en_US |
dc.subject | maintenance Turbocharger | en_US |
dc.subject | Turbocharger Diesel | en_US |
dc.title | STAND CUTTING TURBOCHARGER KIA CARNIVAL 2.9 DIESEL | en_US |
dc.type | Thesis | en_US |