Show simple item record

dc.contributor.advisorN, NURWANTO
dc.contributor.authorARGIYANA, NOVA
dc.date.accessioned2017-08-02T03:56:10Z
dc.date.available2017-08-02T03:56:10Z
dc.date.issued2017
dc.identifier.urihttp://repository.umy.ac.id/handle/123456789/12397
dc.description.abstractTujuan penelitian ditujukan untuk mengetahui apakah ada peningkatan untuk kecerdasan spiritual dan emosional siswa pada mata pelajaran Aqidah kelas VIII C SMP Muhammadiyah 3 Yogyakarta Tahun ajaran 2016/2017 melalui model pembelajaran Contextual Teaching Learning (CTL). Penelitian ini merupakan penelitian tindak kelas (PTK) yang ditempuh dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi yang dilaksanakan dalam dua kali pertemuan. Adapun yang menjadi subyek penelitian adalah siswa kelas VIII C SMP Muhammadiyah 3 Yogyakarta Tahun Ajaran 2016/2017 yang berjumlah32 siswa. Instrumen yang digunakan untuk mengukur peningkatan kecerdasan spiritual dan emosional siswa berupa lembar observasi dan instrumen angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran Contextual Teaching Learning (CTL) dapat meningkatkan kecerdasan spiritual dan emosional siswa. Adapun persentase kecerdasan spiritual dan emosional siswa siklus I SQ sebesar 75.76 meningkat menjadi 80.10 dan EQ sebesar 66.13 meningkat menjadi 73.28, sedangkan nilai rata-rata ketuntasan SQ sebesar 56.67% meningkat menjadi 89.66% dan EQ dari 40% meningkat menjadi 82.76 pada siklus II ini sudah melebihi indikator keberhasilan yaitu 75 %. Hal ini menandakan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model CTL dapatmeningkatkan SQ dan EQ siswa. Aktivitas siswa selama pembelajaran berlangsung sudah termasuk dalam kategori baik, dengan nilai rata-rata keaktifan siswa dari siklus I 66.43% meningkat menjadi 82.03%.en_US
dc.publisherFAKULTAS AGAMA ISLAM UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTAen_US
dc.subjectkecerdasan spiritualen_US
dc.subjectkecerdasan emosionalen_US
dc.subjectCTLen_US
dc.titlePENINGKATAN KECERDASAN SPIRITUAL DAN EMOSIONAL MELALUI MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING PADA MATA PELAJARAN AQIDAH DI SMP MUHAMMADIYAH 3 YOGYAKARTAen_US
dc.typeThesis SKR FAI 190en_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record