TAHAPAN PERENCANAAN PROMOSI PLUT KUMKM DIY DALAM MENARIK ANGGOTA PARA PELAKU BISNIS KUMKM DIY
Abstract
PLUT KUMKM DIY merupakan program pemerintah yang bertujuan mengembangkan potensi daerah melalui KUMKM DIY dengan menjadikan pelaku usaha sebagai anggota, sehingga bagaimana PLUT KUMKM DIY melakukan perencanaan promosi sehingga pelaku usaha mau menjadi anggota dari PLUT. Melalui penelitian ini penulis menggambarkan dan berusaha untuk menganalisa pelaksanaan tahapan perencanaan promosi di PLUT KUMKM DIY dalam menarik anggota para pelaku usaha KUMKM DIY.
Dalam penelitian skripsi ini penulis menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif yang merupakan prosedur pemecahan masalah yang diselidiki dengan menggambarkan keadaan objek penelitian berdasarkan fakta-fakta yang ada. Metode pengumpulan data yang dilakukan melalui wawancara, pengamatan, studi pustaka dan dokumentasi.
Berdasarkan hasil penelitian dapat dilihat bahwa pelaksanaan kegiatan tahapan perencanaan promosi sudah berjalan dengan cukup baik, hal tersebut dapat dilihat dari semakin meningkatnya jumlah anggota setiap tahunya, dan melebihi target yang sudah ditentukan PLUT KUMKM DIY. Tahapan perencanaan promosi PLUT KUMKM DIY dalam menarik anggota para pelaku usaha KUMKM DIY adalah dengan menjalin hubungan dengan masyarakat dan media masa seperti televisi, koran dan dengan peningkatan mutu 7 layanan yang dimiliki PLUT KUMKM DIY.