STRATEGI PROMOSI DINAS PARIWISATA KOTA YOGYAKARTA DALAM MEMPROMOSIKAN KAMPUNG TAMAN UNTUK MENARIK MINAT WISATAWAN TAHUN 2015-2016
Abstract
Kampung Taman, adalah salah satu kampung wisata yang sudah dideklarasikan oleh pemerintah tetapi dikatakan belum berkembang dengan baik dan belum begitu dikenal sebagai kampung wisata, padahal Kampung Taman telah menjadi kampung wisata sejak tahun 70-an. Kampung Taman memiliki potensi yang lebih menarik dibandingkan dengan kampung wisata yang lain karena kaya akan bangunan yang berbudaya keraton, ditambahlagi dengan adanya obyek wisata Tamansari menjadikan kampung ini memiliki nilai tambah.
Dari hasil penelitian dapat diketahui strategi promosi yang digunakan Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta adalah menggunakan strategi analisa pasar dengan tahap perencanaan, implementasi, dan evaluasi. Strategi tersebut digunakan secara menyeluruh untuk destinasti wisata di Kota Yogyakarta. Promosi yang digunakan melalui promotion mix baik itu; advertising, personal selling, Publisitas, dan promosi penjualan. Evaluasinya dilakukan melalui evaluasi strategis dan evaluasi rencana tahunan melalui pengkajian terhadap program-program promosi dengan melakukan analisis terhadap media promosi
Kesimpulan dari penelitian ini adalah dengan terus meningkatkan aspek – aspek yang baik yang sudah dijalankan sambil melakukan perbaikan pada aspek yang masih mengalami kelemahan, maka sangat memungkinkan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Yogyakarta dalam memperkenalkan wisata Kampung Taman dalam mencapai sasaran dan tujuan yang akan datang.