GAMBARAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN TERHADAP PELAYANAN PENCABUTAN GIGI DI KLINIK FIRDAUS KOTAMADYA YOGYAKARTA
Abstract
Latar belakang : Peningkatan kesadaran akan pentingnya kesehatan gigi dan
mulut akan menimbulkan kepuasan pada diri setiap pasien atau justru terjadi
peningkatan keluhan dalam perawatan gigi dan mulut. Survei kepuasan dapat
dilakukan untuk mengetahui informasi keluhan pasien dan dapat dilakukan secara
periodik pada pasien saat mau keluar dari tempat pelayanan atau dilakukan secara
insidentil survei di masyarakat.
Tujuan : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran tingkat kepuasan
pasien terhadap pelayanan pencabutan gigi di Klinik Firdaus Kotamadya
Yogyakarta.
Metode : Jenis penelitian yang dilakukan adalah deskriptif dengan rancangan
cross sectional, pengambilan sampel dilakukan dengan cara total sampling pada
pasien pencabutan gigi permanen berusia diatas 14 tahun pada periode bulan
Oktober 2016-Januari 2017. Pengumpulan data menggunakan kuesioner tingkat
kepuasan pasien dengan 19 butir pernyataan menggunakan Dental Satisfaction
Questionnaire (DSQ) oleh Davies dan Ware dengan skala Likert yang
dimodifikasi.
Hasil : Gambaran kepuasan pasien terhadap pelayanan pencabutan gigi di Klinik
Firdaus yang ditinjau dari 7 dimensi adalah a) pain management (13.84%), b)
quality (14.20%), c) access (13.66%), d) general satisfaction (14.56%), e) cost
(14.02%), f) continuity (14.74%), g) availability (14.92%). Pernyataan dengan
nilai tertinggi adalah pernyataan no 18 tentang lokasi yang nyaman dan strategis
dengan nilai 212, sedangkan penyataan terendah dengan nilai 164 tentang dokter
gigi tidak teliti pada waktu memeriksa pasien.
Kesimpulan: Pasien merasa puas terhadap perawatan pencabutan gigi di Klinik
Firdaus.