AKTIVITAS CUSTOMER RELATIONS HUMAS PEMERINTAH KOTA YOGYAKARTA TAHUN 2015
Abstract
Keberadaan badan publik di intansi kepemerintahan saat ini memiliki
peranan yang penting. Selain kehadirannya sebagai pelayan publik, dilain sisi juga
bertanggung jawab untuk melakukan keterbukaan informasi publik dalam hal
kebijakan dan pelayanan publik.Dalam penelitian ini membahas tentang
bagaimana aktivitas customer relations di Humas Pemerintah Kota Yogyakarta
dalam pelaksanaan Undang-Undang No. 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan
Informasi Publik dalam memberikan pelayanan publiknya.
Hasil penelitian ini adalah Humas Pemerintah Kota Yogyakarta dalam
melaksanakan Undang-Undang No. 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Infromasi
Publik melalui aktivitas customer relations dalam pelayanan publiknya. Dimana
aktivitas customer relations yang dilakukan oleh Humas Pemerintah Kota
Yogyakarta yaitu melalui dua kegiatan yaitu consumer informations dan complaint
handling.
Kegiatan consumer informations dalam Humas Pemerintah Kota
Yogyakarta terdapat dalam pelayanan PPID yaitu pelayanan yang berkaitan
dengan penyediaan dan penyampaian informasi publik dari pemerintah Kota
Yogyakarta kepada masyarakat. Sedangkan kegiatan complaint handling terdapat
pada pelayanan UPIK. Didalam pelayanan UPIK ini selain menangani ke