PERENCANAAN TEBAL LAPIS TAMBAH PERKERASAN LENTUR ( OVERLAY ) DENGAN METODE LENDUTAN BALIK
Abstract
Jalan merupakan sarana transpotasi utama yang menghubungkan antar kota
atau antar daerah. Dengan seiring waktu berjalan tingkat pelayanan jalan akan
menurun. Hal ini disebabkan meningkatnya pertumbuhan lalu lintas yang sangat pesat
seiring dengan semakin banyak kepemilikan kendaraan pribadi baik motor maupun
mobil. Untuk menjaga kondisi jalan tetap dapat memberi pelayanan sesuai dengan umur
rencana yang telah direncanakan diawal pembangunannya, maka jalan memerlukan
pemeliharaan. Pemeleliharaan dilakukan mulai dari melakukan pengecekan kondisi
perkerasan jalan, pengecekan kondisi struktural perkerasan jalan, hingga penentuan
jenis perbaiakan yangbakan dilakukan dan metode perbaikan yang akan dilakukan.
Pada penelitian ini dilakukan pemeliharaan jalan dengan melakukan
pengecekan kondisi struktural jalan jalan dengan menggunakan alat Benkelman Beam.
Pengecekan struktural jalan dilakukan dengan mengukur lendutan dengan Benkelman
Beam akibat beban sumbu truk penguji yang memiliki beban 11.3 ton melewati jalan
tersebut. Data lendutan ini akan digunakan dalam perencanaan tebal lapis tambah
perkerasan jalan tersebut agar dapat kembali memberi pelayanan dengan baik sesuai
dengan umur rencana pembangunan jalan tersebut.
Dari pengujian ini didapat hasil analisis perhitumgan lapis perkerasan tambah
segmen I -0.62 cm, segmen II -5.58 cm, segmen III -4.31 cm, segmen IV -9.06 cm, segmen
V -8.58 cm, segmen VI -7.99, segmen VII -0.08 cm segmen VIII -4.06 cm. Dari hasil
tersebut menunjukkan jalan Imogiri Barat belum memerlukan lapis perkerasan tambah
untuk melayani lalu lintas. .