STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN STARCROSS DISTRO DALAM MENINGKATKAN OMSET PENJUALAN
Abstract
Starcross Distro merupakan distro yang terbesar yang bedara di Yogyakarta.
Di ranah nasional Starcross juga memiliki nama yang cukup terkenal. Di kota Gudeg
ini, Starcross merupakan market leader dikarnakan pendapatan setiap tahunnya selalu
meningkat serta produk Starcross memiliki nilai jual yang berbeda dengan distro lokal
yang berada di Yogyakarta. Melihat dari statistik omset pendapatan Starcross yang
meningkat dari tahun sebelumnya di tengah-tengah perkembangan pesat distro lokal
yang ada di Yogyakarta peneliti tertarik untuk meneliti strategi komunikasi pemasaran
yang digunakan oleh Starcross untuk meningkatkan omset penjualannya.
Studi ini bertujuan untuk menggambarkan suatu kasus dalam hal ini adalah
strategi komunikasi yang di lakukan oleh Starcross Distro yang bertujuan untuk
meningkatkan omset penjualan dengan teknik pengumpulan data menggunakan studi
kepustakaan dan juga wawancara. Untuk meningkatkan omset penjualan Starcross
Distro memilih menggunakan strategi komunikasi dengan memanfaatkan empat
bauran promosi yaitu: periklanan, humas dan publisitas, promosi penjualan, dan
personal selling. Hasil dari strategi yang telah Starcross lakukan telah menunjukan
tingkat penjualan yang terus meningkat dari tahun ke tahun, terjadi penurunan
penjualan terdapat pada periode tahun 2014 – 2015 yang di akibatkan mulai
timbulnya distro-distro lokal yang berada di Yogyakarta. Maka dari itu Starcross
melakukan beberapa analisis pasar secara ulang dan menentukan nilai jual yang
berbeda dari distro yang lain