CITY BRANDING YOGYAKARTA
Abstract
Rebranding “Jogja Istimewa” dilakukan sejak 2015, Pemerintah daerah
membuat strategi untuk mengimplementasikan city branding “Jogja Istimewa”.
Ingin dikenalnya Jogja sebagai kota budaya maka pemerintah daerah melakukan
strategi untuk menarik pendatang mengunjungi Yogyakarta, salah satunya adalah
menyelenggarakan event budaya tahunan terbesar seperti Festival Kesenian
Yogyakarta (FKY), Artjog, Yogyakarta Gamelan Festival (YGF), yang diadakan
oleh Dinas Kebudayaan Daerah Istimewa Yogyakarta. City branding ini
merupakan program membangun identitas yang melekat pada suatu kota.
Penelitian ini berusaha untuk mengetahui Bagaimana Strategi city branding
Yogyakarta melalui event-event budaya oleh Dinas Kebudayaan Daerah Istimewa
Yogyakarta tahun 2015-2016. Tujuan penelitian ini adalah Untuk
mendeskripsikan strategi city branding Yogyakarta melalui event-event yang
menggambarkan Yogyakarta sebagai kota budaya serta upaya yang dilakukan oleh
Dinas Kebudayaan Daerah Istimewa Yogyakarta untuk membentuk Yogyakarta
sebagai kota budaya. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan jenis penelitian
deskriptif kualitatif. Lokasi penelitian di Dinas Kebudayaan DIY. Teknik
pengumpulan data dengan menggunakan wawancara dan studi dokumentasi. Hasil
penelitian ini menunjukkan terbentuknya city branding Yogyakarta sudah
memenuhi kriteria yang disebutkan dalam delapan langkah dalam pengembangan
City branding oleh CEOs for city yaitu, menentukan tujuan, menentukan target
audien, mengidentifikasi citra, mengatur identitas branding, mengembangkan
positioning, membuat strategi untuk target sasaran, menjalankan strategi,
mengukur keberhasilan. Strategi City branding Jogja dilakukan dengan
menggelar cultural event tahunan terbesar yang difasilitasi oleh Dinas
Kebudayaan DIY bertaraf internasional dan nasional. Hal ini terbukti dari tahun
2015-2016 Dinas Kebudayaan DIY sudah mengadakan kurang lebih 67 cultural
event.
Collections
Related items
Showing items related by title, author, creator and subject.
-
PENGARUH BRAND EQUITY TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN JASA OJEK ONLINE GOJEK PADA MAHASISWA UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA
MUTARRIF, WAFID (FE UMY, 2018-04-28)This research is aimed to analyze the effect of brand equity toward the purchase decision of Gojek online taxi bike. This research used quantitative approach method. The technique of collecting data in this research used ... -
PENGARUH PREDIKTABILITAS, KESUKAAN, KOMPETENSI, REPUTASI DAN KEPERCAYAAN PADA PERUSAHAAN TERHADAP LOYALITAS SERTA KEPERCAYAAN SEBAGAI VARIABEL MEDIASI
IMANSYAH, AHLUL FADLI (FE UMY, 2017-04-18)Minat masyarakat pada Smartphone sangatlah tinggi. Hal ini ditentukan pada loyalitas konsumen terhadap suatu merek Smartphone tersebut. Banyak sekali merek-merek smartphone yang ditawarkan sekarang mempunyai daya tarik ... -
PENGARUH ASOSIASI MEREK, LOYALITAS MEREK, KESADARAN MEREK, DAN CITRA MEREK TERHADAP EKUITAS MEREK DI KALANGAN KONSUMEN MUDA
FIRDAUS, IRVAN (FE UMY, 2017-02-24)Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Pengaruh Asosiasi Merek, Loyalitas Merek, Kesadaran Merek, dan Citra Merek Terhadap Ekuitas Merek Dikalangan Konsumen Muda. Dimana Mahasiswa di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta ...