STRATEGI CUSTOMER RELATIONS “KEPITING BANG JA’I DALAM MENINGKATKAN JUMLAH KONSUMEN PERIODE JUNI-DESEMBER 2016
Abstract
Penelitian ini berjudul “Strategi Customer Relations Kepiting Bang Jai
dalam Meningkatkan Jumlah Pelanggan periode Juni-Desember 2016”. Tujuan
dari penelitian ini untuk mendeskripsikan dan menganalisa secara rinci prosesproses
strategi customer relations yang dilakukan Kepiting Bang Jai dalam
meningkatkan jumlah pelanggan di tengah persaingan bisnis kuliner yang semakin
kompetitif.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis deskriptif
kualitatif, pendekatan deskriptif didukung data kualitatif dengan teknik
pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan studi pustaka. Dari hasil
penelitian, pelaksanaan strategi customer relations melalui proses mendefinisikan
permasalahan, merencanakan dan pemprograman, aksi dan komunikasi, diakhiri
dengan evaluasi, yang diwujudkan dalam peningkatan mutu pelayanan,
pemenuhan fasilitas untuk pelanggan, menampung dan menghadapi keluhan
pelanggan serta menjalankan internet marketing.
Hasil dari penelitian ini adalah strategi customer relations yang dilakukan
Kepiting Bang Jai untuk meningkatkan jumlah pelanggan tahun 2016, yaitu
dengan menjalankan internet marketing untuk memperkenalkan Kepiting Bang Jai
kepada khalayak, selanjutnya kegiatan yang diadakan diantaranya video contest,
give away dan promo. Sebagai bahan evaluasi Kepiting Bang Jai perlu melakukan
survei kepuasan pelanggan untuk dapat lebih meningkatkan pelayanan dan
menjawab kebutuhan pelanggan.