FAKTOR-FAKTOR YANG MEMENGARUHI PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan apakah variabel independen yang dilibatkan dalam penelitian terbukti secara empiris mempengaruhi pengungkapan Corporate Social Responsibily (CSR) antara perusahaan DES dan non DES yang terdaftar pada BEI tahun 2015. Pengukuran variabel dependen menggunakan indeks GRI G4 dan model penelitian adalah studi komparasi pada dua subjek yaitu perusahaan DES dan non DES yang terdaftar pada BEI tahun 2015. Teknik analisis penelitian menggunakan pendekatan “kuantitatif” dengan alat analisis data berupa Statistical Package for the Social Sciences (SPSS ver.20). Pemilihan sampel menggunakan metode purposive sampling.
Berdasarkan analisis yang telah dilakukan diperoleh hasil sebanyak empat variabel yaitu ukuran komite audit, frekuensi rapar komite audit, efisiensi perusahaan dan pertumbuhan perusahaan berpengaruh positif signifikan terhadap pengungkapan CSR pada perusahan DES, serta tiga variabel yaitu ukuran komite audit, efisisensi perusahaan dan pertumbuhan perusahaan berpengaruh positif signifikan terhadap pengungkapan CSR perusahaan non DES.