PENGARUH MINAT BACA DAN KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP HASIL BELAJAR AKHLAK SISWA KELAS VII MADRASAH MU’ALLIMIN MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kondisi minat baca, kondisi kecerdasan emosional, kondisi hasil belajar Akhlak, pengaruh minat baca terhadap hasil belajar Akhlak, pengaruh kecerdasan emosional terhadap hasil belajar Akhlak, serta pengaruh minat baca dan kecerdasan emosional terhadap hasil belajar Akhlak siswa kelas VII Madrasah Mu’allimin Muhammadiyah Yogyakarta.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain korelasi-kausal (expost facto). Sampelnya sebanyak 40 responden dari populasi sebanyak 240 responden. Pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling. Data dikumpulkan melalui angket dan dokumentasi. Analisis data menggunakan statistik deskriptif, uji asumsi klasik dan uji regresi linier berganda.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Kondisi minat baca siswa kelas VII Madrasah Mu’allimin Muhammadiyah Yogyakarta berada pada kategori “Tinggi”. (2) Kondisi kecerdasan emosional siswa kelas VII Madrasah Mu’allimin Muhammadiyah Yogyakarta berada pada kategori “Sedang”. (3) Kondisi hasil belajar Akhlak siswa kelas VII Madrasah Mu’allimin Muhammadiyah Yogyakarta berada pada kategori “Baik/B”. (4) Minat baca tidak berpengaruh positif signifikan terhadap hasil belajar Akhlak siswa kelas VII Madrasah Mu’allimin Muhammadiyah Yogyakarta. (5) Kecerdasan emosional berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar Akhlak siswa kelas VII Madrasah Mu’allimin Muhammadiyah Yogyakarta. (6) Minat baca dan kecerdasan emosional secara simultan berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar Akhlak siswa kelas VII Madrasah Mu’allimin Muhammadiyah Yogyakarta dengan sumbangan pengaruh sebesar 20,8%.