HUBUNGAN KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN AKHLAK SISWA DI SMP MUHAMMADIYAH KASIHAN BANTUL YOGYAKARTA
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah mendiskipsikan tingkat kecerdasan emosional siswa, mendiskripsikan akhlak yang dimiliki siswa, dan membuktikan hubungan kecerdasan emosional dengan akhlak siswa di SMP Muhammadiyah Kasihan Bantul Yogyakarta.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian kuantitatif dengan metode korelasi product moment. Populasi dalam penelitian sebanyak 350 siswa, sedangkan sampel yang diambil untuk penelitian sebanyak 35 siswa dengan teknik pengambilan sampel secaran random. Adapun teknik pengumpulan data dilakukan dengan angket, observasi, dan wawancara. Teknik pengolahan data dilakukan dengan cara persiapan/editing, tabulating, dan skorsing. Metode analisa data yang digunakan adalah deskriptif statistik, uji normalitas, dan uji korelasi product moment.
Dari hasil penelitian yang telah dilakukan diperoleh kesimpulan bahwa tingkat kecerdasan emosional siswa SMP Muhammadiyah Kasihan Bantul termasuk dalam kategori tinggi dengan presentase sebesar 74%. Hal ini sejalan dengan analisis data yang diperoleh yaitu nilai rata-ratanya adalah 64,37 termasuk dalam kategori tinggi berada pada interval 57,5 – 73. Adapaun akhlak yang dimiliki siswa SMP Muhammadiyah Kasihan Bantul Yogyakarta termasuk dalam kategori tinggi dengan presentase sebesar 43%. Hal ini sejalan dengan analisis data yang diperoleh yaitu nilai rata-ratanya adalah 62,34 termasuk dalam kategori tinggi berada pada interval 55 – 70. Hasil uji korelasi product moment yang dilakukan didapat hasil pada taraf signifikansi 0,01 dengan nilai korelasi sebesar 0,828. Dengan demikian menunjukkan bahwa ada hubungan positif yang tinggi antara kecerdasan emosional dengan akhlak siswa. Artinya jika kecerdasan emosionalnya tinggi maka semakin tinggi pula akhlak yang dimiliki.