PENGARUH BAURAN PEMASARAN PRODUK PEMBIAYAAN CICIL EMAS TERHADAP PENINGKATKAN JUMLAH NASABAH DI BANK SYARIAH MANDIRI KCP KALIURANG YOGYAKARTA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh bauran pemasaran produk cicil emas terhadap peningkatan jumlah nasabah di Bank Syariah Mandiri Kaliurang Yogyakarta. Jenis penelitian adalah survei yang dilaksanakan di BSM KCP Kaliurang Yogyakarta yang beralamatkan di Jl. Kaliurang No.6A, Condongcatur, Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman, Yogyakarta Kode Pos 55281. Populasi dalam penelitian ini adalah nasabah cicil emas BSM KCP Kaliurang Yogyakarta. Sampel yang digunakan sebanyak 105 responden. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah random sampling. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah kuesioner. Analisis yang digunakan adalah analisis regresi berganda.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa produk, harga, lokasi, promosi, bukti fisik, karyawan, dan proses berpengaruh positif dan signifikan terhadap peningkatan jumlah nasabah cicil emas di Bank Syariah Mandiri KCP Kaliurang. Promosi merupakan variabel paling dominan yang mempengaruhi jumlah nasabah cicil emas di Bank Syariah Mandiri KCP Kaliurang.