dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui atribut buah apel lokal dan
apel impor yang menjadi preferensi konsumen di Kota Yogyakarta dan atribut
yang paling dipertimbangkan konsumen dalam pembelian buah apel lokal dan
apel impor di Kota Yogyakarta. Penentuan lokasi penelitian ditentukan secara
sengaja (purposive) yaitu Kota Yogyakarta dengan mengambil 7 kios buah.
Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 84 responden yang tersebar
di tujuh kios buah, dimana pada setiap kios diambil 6 responden buah apel lokal
dan 6 responden buah apel impor. Analisis chi square digunakan untuk
mengetahui atribut buah apel lokal dan apel impor yang menjadi preferensi
konsumen dan analisis multiatribut fishbein digunakan untuk mengetahui atribut
yang paling dipertimbangkan konsumen dalam pembelian buah apel lokal dan
apel impor. Hasil analisis chi square menunjukkan bahwa atribut buah apel lokal
yang menjadi preferensi konsumen yaitu tekstur yang padat, ukuran yang sedang,
dan harga yang cukup murah. Atribut rasa yang manis segar, tekstur yang renyah
dan padat, ukuran yang sedang, harga yang cukup murah, dan kemanan yang
netral dan aman menjadi preferensi konsumen buah apel impor. Sedangkan atribut
yang paling di pertimbangan konsumen dalam pembelian buah apel lokal yaitu
tekstur, harga, dan ukuran dan atribut keamanan, rasa, harga, tekstur, dan ukuran
merupakan atribut yang paling di pertimbangan konsumen dalam pembelian buah
apel impor. | en_US |