Show simple item record

dc.contributor.advisorIMAN, MARSUDI
dc.contributor.authorHIDAYATULLAH, FUAD SYARIF
dc.date.accessioned2017-11-06T03:28:29Z
dc.date.available2017-11-06T03:28:29Z
dc.date.issued2017
dc.identifier.urihttp://repository.umy.ac.id/handle/123456789/15759
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengungkap program tahfidz al-Quran di Sekolah Menengah Pertama Muhammadiyah 1 Gedangsari Gunungkidul ditinjau dari komponen konteks, masukan, proses dan hasil. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah evaluasi ekspos fakto (expose facto evaluation research) menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dan kuantitatif (mixed method) dengan desain penelitian evaluasi menggunakan teori stufflebeam dengan alur penelitian context, input, process, product (CIPP). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII dan VIII SMP Muhammadiyah 1 Gedangsari, Adapun teknik pengumpulan datanya menggunakan teknik observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Data yang terkumpul kemudian dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Evaluasi context (konteks) menunjukkan bahwa program pembelajaran tahfidz al-Quran ini masih kurang baik karena perencanaan yang kurang matang, dan pada aspek kompetensi siswa, perlu diperhatikan lagi karena berkaitan dengan pencapaian target hafalan yang menjadi nilai yang diperhitungkan diakhir semester. (2) Evaluasi input (masukan) telah diketahui kemampuan awal siswa karena telah dilakukan placemen test baca al-Qur’an. Pada aspek peraturan yang mendukung sudah baik, hanya perlu lebih ditegaskan lagi bahwa program pembelajaran tahfidz merupakan salah hal yang sangat penting. (3) Evaluasi process (proses) menunjukkan bahwa, kegiatan pembelajaran dinilai sudah baik karena berjalan sesuai jadwal yang direncanakan. Akan tetapi pada aspek penggunaan metode pembelajaran yang digunakan dirasa kurang efektif karena waktunya tidak mencukupi. (4) Evaluasi product (hasil) menunjukkan bahwa sebanyak 70% siswa kelas Program Tahfidz belum mencapai target hafalannya diakhir semester, dan 30% sudah bisa menyelesaikan target. Oleh karena itu program pembelajaran tahfidz al-Quran di SMP Muhammadiyah 1 Gedangsari Gunungkidu belum cukup berhasil dan perlu untuk ditingkatkan lagi.en_US
dc.publisherFAKULTAS AGAMA ISLAM UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTAen_US
dc.subjectEvaluasi Programen_US
dc.subjectPembelajaran Tahfidz al-Quranen_US
dc.titleEVALUASI PROGRAM PEMBELAJARAN TAHFIDZ AL-QURAN DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA MUHAMMADIYAH 1 GEDANGSARI GUNUNGKIDULen_US
dc.typeThesis SKR FAI 204en_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record