Show simple item record

dc.contributor.advisorPURWANINGSIH, TITIN
dc.contributor.authorNUGROHO, MUHAMMAD DWI
dc.date.accessioned2017-11-10T07:22:00Z
dc.date.available2017-11-10T07:22:00Z
dc.date.issued2017-08-13
dc.identifier.urihttp://repository.umy.ac.id/handle/123456789/15886
dc.description.abstractE-government merupakan salah satu sarana dan upaya pemerintah untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik kepada masyarakat. Seperti yang dilakukan oleh Badan Pertanahan Nasional Kabupaten Sleman guna meningkatkan pelayaanan terhadap masyakarat yaitu dengan membuat program LARIS (Layanan Rakyat Istimewa Sertifikat Tanah) yang berbasis e-government yang mana merupakan sistem layanan pertanahan secara langsung kepada masyarakat dengan sistem tata kelola dokumen pertanahan yang disajikan dalam bentuk imaging serta didukung dengan aplikasi berbasis web. Program LARIS sudah 1 tahun berjalan di Badan Pertanahan Nasional Kabupaten Sleman, maka dari itu tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi Program LARIS yang berbasis e-government di Badan Pertananan Nasional Kabupaten Sleman pada Tahun 2016. Penelitian ini diharapkan mampu menggambarkan evaluasi program LARIS yang berbasis e-government di Badan Pertahanan Nasional Kabupaten Sleman Tahun 2016. Dalam penelitian ini penulis menggunakan jenis penelitian kualitiatif deskriptif. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh dengan melakukan wawancara beberapa staff diantaranya Kepala Kantor, Humas, Kepala Pelaksana program LARIS, dan admin LARIS. Hasil dari penelitian ini menyebutkan bahwa program LARIS sudah berjalan baik walaupun masih ada beberapa kendala yang dihadapi BPN Sleman dalam pelaksanaanya diantaranya: ketidakjelasan SOP atau tidak adanya SOP khusus untuk program LARIS sehingga pelaksanaan di lapangan hanya bersifat kondisional; masih terbatasnya jaringan internet saat pelaksanaan di luar kantor; perlunya pembaharuan segala sarana dan prasarana pendukung pelaksanaan program LARIS; dan pasih banyak masyarakat yang ada di Kabupaten Sleman yang belum mengetahui program LARIS itu sendiri. Kendala diatas tidaklah menjadi masalah yang berarti untuk pelaksanaan program LARIS karena hal tersebut dapat di jadikan bahan untuk evaluasi agar kedepannya jauh lebih baik lagi. Kesimpulan dari penelitian ini adalah Program LARIS yang diterapkan di Badan Pertanahan Nasional Kabupaten Sleman sudah berjalan dengan baik. Oleh sebab itu, perlu dilanjutkan kedepannya guna menyediakan pelayanan publik yang efisien dan efektif kepada masyarakat. Kemudian, selain hal tersebut perlu adanya peningkatan layanan yang menunjang keberhasilan Program LARIS di Badan Pertanahan Nasional Kabupaten Sleman.en_US
dc.publisherFISIP UMYen_US
dc.subjectE-government, Evaluasi, Program LARIS.en_US
dc.titleEVALUASI PROGRAM LARIS (LAYANAN RAKYAT ISTIMEWA SERTIPIKAT TANAH) BERBASIS E-GOVERNMENT DI BADAN PERTANAHAN NASIONAL KABUPATEN SLEMAN TAHUN 2016en_US
dc.typeThesis SKR FISIP 459en_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record