View Item 
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Social and Political Science
      • Department of Communication Science
      • View Item
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Social and Political Science
      • Department of Communication Science
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      GAYA KOMUNIKASI GURU TUNANETRA DENGAN MURID DALAM KURSUS KOMPUTER BERBICARA DI BADAN SOSIAL MARDI WUTO YOGYAKARTA

      Thumbnail
      View/Open
      COVER (140.0Kb)
      HALAMAN JUDUL (453.6Kb)
      HALAMAN PENGESAHAN (275.6Kb)
      ABSTRACT (84.94Kb)
      BAB I (323.6Kb)
      BAB II (428.9Kb)
      BAB III (323.9Kb)
      BAB IV (152.0Kb)
      DAFTAR PUSTAKA (9.544Kb)
      LAMPIRAN (441.0Kb)
      Date
      2017-07-07
      Author
      SAPUTRA, RUDI
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Gaya komunikasi merupakan cara khas seseorang dalam berkomunikasi, baik dalam mengungkapkan sikapnya dengan bahasa maupun dalam bentuk prilaku atau tindakan (Effendy, 1989: 348). Oleh karna Itu guru dengan kategori disabilitas netra yang memiliki spesifikasi keahlian komputer berbicara memiliki keunikan sendiri dalam gaya komunikasi untuk memberikan pengajaran kepada murid disabilitas netra. Komputer yang umumnya menggunakan layar pasti sulit jika digunakan oleh disabilitas netra, dengan demikian disabilitas netra menggunakan JAWS yang merupakan alat bantu berbentuk software untuk merubah fungsi visual menjadi audio pada komputer. Guru disabilitas netra yang memiliki pengalaman terkait belajar komputer berbicara pasti mengetahui letak kesulitan dalam memahami materi-materi yang belum pernah dipelajari sebelumnya sehingga guru akan dengan mudah memberikan penjelasan yang dapat diterima oleh murid. selain materi yang dijelaskan, murid membutuhkan motivasi dan pendekatan interpersonal agar murid disabilitas netra lebih terbuka kepada guru baik mengenai materi yang belum dimengerti ataupun hal yang bersifat pribadi. Dari hasil penelitian, guru disabilitas netra di Badan Sosial Mardi Wuto memiliki gaya komunikasi asertif dan gaya komunikasi pasif/non asertif berdasarkan beberapa faktor untuk penjelasan lebih dalam telah dijelaskan pada bagian pembahasan
      URI
      http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/15929
      Collections
      • Department of Communication Science

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV
       

       

      Browse

      All of UMY RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV