Show simple item record

dc.contributor.advisorN, NURWANTO
dc.contributor.authorALFARABI, ALFARABI
dc.date.accessioned2017-11-13T03:00:31Z
dc.date.available2017-11-13T03:00:31Z
dc.date.issued2017-08-30
dc.identifier.urihttp://repository.umy.ac.id/handle/123456789/15950
dc.descriptionPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui konsep pendidikan Islam menurut KH Ahmad Dahlan dan Sayyid Ahmad Khan lalu dikomparasikan. Kedua tokoh tersebut merupakan salah satu orang yang memiliki andil dalam memajukan dunia pendidikan di tempatnya masing-masing. Jenis penelitian ini adalah penelitian penelitian pustaka (library research) (penelitian kepustakaan) dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan bersifat deskriptif-analisis. Hasil penelitian menunjukan bahwa konsep pendidikan Islam menurut KH Ahmad Dahlan sebagai upaya penyadaran fungsi dan peran manusia untuk menerapkan Islam sebenar-benarnya, integrasi ilmu agama dengan ilmu pengetahuan, mengembangkan sikap toleran dan terbuka pada kemodernan. Sedangkan menurut Sayyid Ahmad Khan adalah pendidikan untuk menunjang keberlangsungan dan kemaslahatan umat Islam dalam mengentaskan persoalan-persoalan yang timbul pada masanya. Namun pada sisi lain, terdapat perbedaan antara kedua tokoh tersebut; KH Ahmad Dahlan, memaksimalkan potensi manusia dengan sifat pembaharuan memberantas TBC. Sayyid Ahmad Khan, memaksimalkan potensi manusia untuk menunjang keberlangsungan dan kemaslahatan umat Islam dalam mengentaskan persoalan-persoalan yang timbul pada masanya.en_US
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui konsep pendidikan Islam menurut KH Ahmad Dahlan dan Sayyid Ahmad Khan lalu dikomparasikan. Kedua tokoh tersebut merupakan salah satu orang yang memiliki andil dalam memajukan dunia pendidikan di tempatnya masing-masing. Jenis penelitian ini adalah penelitian penelitian pustaka (library research) (penelitian kepustakaan) dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan bersifat deskriptif-analisis. Hasil penelitian menunjukan bahwa konsep pendidikan Islam menurut KH Ahmad Dahlan sebagai upaya penyadaran fungsi dan peran manusia untuk menerapkan Islam sebenar-benarnya, integrasi ilmu agama dengan ilmu pengetahuan, mengembangkan sikap toleran dan terbuka pada kemodernan. Sedangkan menurut Sayyid Ahmad Khan adalah pendidikan untuk menunjang keberlangsungan dan kemaslahatan umat Islam dalam mengentaskan persoalan-persoalan yang timbul pada masanya. Namun pada sisi lain, terdapat perbedaan antara kedua tokoh tersebut; KH Ahmad Dahlan, memaksimalkan potensi manusia dengan sifat pembaharuan memberantas TBC. Sayyid Ahmad Khan, memaksimalkan potensi manusia untuk menunjang keberlangsungan dan kemaslahatan umat Islam dalam mengentaskan persoalan-persoalan yang timbul pada masanya.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFAKULTAS AGAMA ISLAM UMYen_US
dc.subjectPemikiran Pendidikan, Pendidikan Islamen_US
dc.titleKONSEP PENDIDIKAN ISLAM (Komparasi Pemikiran KH Ahmad Dahlan dan Sayyid Ahmad Khan)en_US
dc.typeThesis SKR FAI 330en_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record