KONSEP PENDIDIKAN ISLAM (Komparasi Pemikiran KH Ahmad Dahlan dan Sayyid Ahmad Khan)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konsep pendidikan Islam menurut KH Ahmad Dahlan dan Sayyid Ahmad Khan lalu dikomparasikan. Kedua tokoh tersebut merupakan salah satu orang yang memiliki andil dalam memajukan dunia pendidikan di tempatnya masing-masing.
Jenis penelitian ini adalah penelitian penelitian pustaka (library research) (penelitian kepustakaan) dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan bersifat deskriptif-analisis.
Hasil penelitian menunjukan bahwa konsep pendidikan Islam menurut KH Ahmad Dahlan sebagai upaya penyadaran fungsi dan peran manusia untuk menerapkan Islam sebenar-benarnya, integrasi ilmu agama dengan ilmu pengetahuan, mengembangkan sikap toleran dan terbuka pada kemodernan. Sedangkan menurut Sayyid Ahmad Khan adalah pendidikan untuk menunjang keberlangsungan dan kemaslahatan umat Islam dalam mengentaskan persoalan-persoalan yang timbul pada masanya. Namun pada sisi lain, terdapat perbedaan antara kedua tokoh tersebut; KH Ahmad Dahlan, memaksimalkan potensi manusia dengan sifat pembaharuan memberantas TBC. Sayyid Ahmad Khan, memaksimalkan potensi manusia untuk menunjang keberlangsungan dan kemaslahatan umat Islam dalam mengentaskan persoalan-persoalan yang timbul pada masanya.