PENGARUH KOMUNIKASI PEMASARAN DAN KUALITAS PELAYANAN DALAM MEMBANGUN LOYALITAS MEREK MELALUI KEPERCAYAAN MEREK PADA KLINIK KECANTIKAN
Abstract
Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan yang telah dikemukakan pada bab IV, dapat diambil simpulan bahwa:
1. Parameter estimasi nilai koefisien standardized regression weight diperoleh sebesar 0,010, pengujian hubungan kedua variabel tersebut menunjukkan nilai probabilitas 0,010 (p<0,05). Dengan demikian hipotesis 1 diterima sebab terdapat Pengaruh positif komunikasi pemasaran terhadap kepercayaan merek pada pelanggan klinik kecantikan.
2. Parameter estimasi nilai koefisien standardized regression weight diperoleh sebesar 0,000, pengujian hubungan kedua variabel tersebut menunjukkan nilai probabilitas 0,000 (p<0,05). Dengan demikian hipotesis 2 diterima sebab terdapat Pengaruh positif kualitas pelayanan terhadap kepercayaan merek pada pelanggan klinik kecantikan.
3. Parameter estimasi nilai koefisien standardized regression weight diperoleh sebesar 0,005, pengujian hubungan kedua variabel tersebut menunjukkan nilai probabilitas 0,005 (p<0,05). Dengan demikian hipotesis 3 diterima sebab terdapat Pengaruh positif kepercayaan merek terhadap loyalitas pada pelanggan klinik kecantikan.
4. Parameter estimasi nilai koefisien standardized regression weight antara komunikasi pemasaran terhadap loyalitas merek dimediasi oleh kepercayaan merek diperoleh sebesar nilai indirect > nilai direct, pengujian hubungan
kedua variabel tersebut menunjukkan nilai 0,052 > 0,033. Dengan demikian hipotesis 4 diterima artinya komunikasi pemasaran berpengaruh positif terhadap loyalitas dimediasi oleh kepercayaan merek.
5. Parameter estimasi nilai koefisien standardized regression weight antara kualitas pelayanan terhadap loyalitas merek dimediasi oleh kepercayaan merek diperoleh sebesar nilai indirect > nilai direct, pengujian hubungan kedua variabel tersebut menunjukkan nilai 0,098 < 0,677. Dengan demikian hipotesis 5 ditolak artinya tidak terdapat pengaruh kualitas pelayanan terhadap loyalitas yang dimediasi oleh kepercayaan merek.