PENGEMBANGAN FITUR ADMIN PADA SISTEM ASESMEN DAN PEMETAAN HASIL ASESMEN BERBASIS TAG SEBAGAI PEMBANTU PENYUSUNAN STRATEGI PEMBELAJARAN
Abstract
Dalam mempersiapkan diri menghadapi tes seleksi mahasiswa baru, para
siswa rajin melakukan asesmen terhadap persiapan mereka dengan mengikuti
berbagai try out. Rekap hasil asesmen yang telah dilalui dapat membantu siswa
mengevaluasi tingkat pemahaman terhadap materi ajar. Suatu sistem otomatis
yang mampu membantu siswa dan guru dalam melakukan proses perekapan dan
pemetaan hasil asesmen berbasis tag atau bab, dapat membantu siswa dalam
proses evaluasi dan penyusunan strategi pembelajaran. Akan tetapi, untuk
menjamin kelancaran penggunaan sistem, dibutuhkan admin yang bertugas untuk
mengatur semua aktivitas penggunaan sistem. Aktivitas penggunaan sistem
mencakup pengaturan otorisasi dan otentikasi dan pengolahan data yang
digunakan pada sistem.
Tujuan penelitian ini adalah untuk merancang fitur admin yang dapat
mengatur otorisasi dan otentikasi yang baik terkait hak akses siswa maupun guru
dalam menggunakan aplikasi, serta dapat melakukan pengolahan data guru, siswa,
dan tag yang terdapat pada aplikasi. Penelitian ini dilakukan dalam lima tahap
yaitu: pengumpulan data berupa observasi dan studi literatur, analisis data,
perancangan, implementasi, dan pengujian sistem yang telah dibuat.
Dengan adanya fitur admin dalam aplikasi, hak akses seseorang untuk
menggunakan aplikasi dapat dibatasi serta data siswa, guru, dan tag yang terdapat
pada aplikasi juga dapat terus terbaharui.