View Item 
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Engineering
      • Department of Civil Engineering
      • View Item
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Engineering
      • Department of Civil Engineering
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      ANALISIS DAMPAK LALU LINTAS TERHADAP PEMBANGUNAN UTILITAS MALIOBORO PADA SIMPANG BERSINYAL PANEMBAHAN SENOPATI YOGYKARTA

      Thumbnail
      View/Open
      COVER (20.79Kb)
      HALAMAN JUDUL (228.1Kb)
      LEMBAR PENGESAHAN (523.0Kb)
      ABSTRAK (79.58Kb)
      BAB I (15.27Kb)
      BAB II (92.93Kb)
      BAB III (849.2Kb)
      BAB IV (221.4Kb)
      BAB V (1.206Mb)
      DAFTAR PUSTAKA (10.78Kb)
      LAMPIRAN (617.4Kb)
      Date
      2017
      Author
      HASMA, NURZAKI HAJERIAN
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Yogyakarta merupakan salah satu kota besar di Indonesia yang memiliki aktivitas lalu lintas yang cukup kompleks. Aktivitas pada ruas jalan yang menyebabkan kemacetan antara lain aktivitas perdagangan, pedestrian, pembangunan konstruksi dan lain sebagainya. Sebagai contoh di kota Yogyakarta sendiri akan dibangun salah satu sarana yaitu Utilitas di kawasan Malioboro yang akan mengakibatkan dampak terhadap kinerja lalu lintas pada saat konstruksi berlangsung. Dampak inilah menjadi salah satu permasalahan lalu lintas yang akan terjadi, khususnya pada Simpang Bersinyal Panembahan Senopati perlu dilakukan analisis dampak dari pembangunan Utilitas Malioboro. Berdasarkan dari permasalahan yang ada pada simpang, maka perlu dilakukan evaluasi kinerja simpang sehingga pergerakan arus lalu lintas pada simpang menjadi lancar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kinerja simpang Panembahan Senopati pada kondisi eksisting, mengetahui kondisi lalu lintas simpang Panembahan Senopati saat kegiatan pembangunan konstruksi berlangsung jika Jalan Senopati ditutup untuk semua jenis kendaraan dan memberikan rekomendasi untuk mengatasi masalah yang timbul akibat adanya pembangunan Utilitas Malioboro. Adapun hasil yang didapat dari analisis yang mengacu pada Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI) 1997, pada kondisi eksisting diperoleh nilai tundaan sebesar 383,46 det/smp dengan tingkat pelayanan F (sangat buruk sekali). Pada kondisi dampak dari penutupan Jalan Senopati yaitu didapat nilai tundaan simpang rata-rata sebesar 113,93 det/smp dengan tingkat pelayanan F (sangat buruk sekali). Analisis kinerja operasi pada simpang Panembahan Senopati dilakukan dengan 2 alternatif guna meningkatkan kinerja simpang. Alternatif 1 yaitu melakukan perancangan ulang waktu siklus dengan melakukan perubahan pada waktu hijau (gi) dan waktu siklus yang disesuaikan (c) dengan hasil tundaan simpang rata-rata sebesar 39,92 det/smp didapat nilai tingkat pelayanan simpang D (buruk). alternatif 2 yaitu melakukan perubahan fase yang semula 4 fase menjadi 3 fase dan didapat nilai tundaan simpang rata-rata sebesar 25,72 det/smp dengan tingkat pelayanan D (buruk). Berdasarkan alternatif yang telah dilakukan, maka direkomendasikan alternatif 2 dengan melakukan perubahan fase pada simpang Panembahan Senopati yang direkomendasikan sebagai solusi terbaik untuk meningkatkan kinerja pada simpang bersinyal Panembahan Senopati.
      URI
      http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/16137
      Collections
      • Department of Civil Engineering

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV
       

       

      Browse

      All of UMY RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV