KEEFEKTIVAN PENERAPAN KURIKULUM TAHUN 2012 PADA PRODI PENDIDIKAN BAHASA JEPANG UNNES
dc.contributor.author | SETIAWATI, AI SUMIRAH | |
dc.date.accessioned | 2017-12-15T06:45:08Z | |
dc.date.available | 2017-12-15T06:45:08Z | |
dc.date.issued | 2017 | |
dc.identifier.uri | http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/16277 | |
dc.description.abstract | Prodi Pendidikan Bahasa Jepang Universitas Negeri Semarang sejak menerima mahasiswa tahun 2005 hingga tahun 2017 ini melakukan perbaikan kurikulum secara berkelanjutan demi tercapainya tujuan pembelajarannya. Pada tahun 2012, prodi telah melakukan perbaikan kurikulum dalam segi materi yang diberikan pada mahasiswa. Kurikulum ini mulai dilaksanakan secara menyeluruh pada mahasiswa angkatan 2013 dan sebagian mahasiswa sudah ada yang lulus. Mengingat satu periode angkatan sudah terlaksana maka penulis merasa perlu untuk menelaah apakah kurikulum tersebut efektif dalam meningkatkan hasil belajar mahasiswa. Pada makalah ini penulis membandingkan hasil belajar mahasiswa angkatan 2010 yang belum dikenai kurikulum dengan angkatan 2013. Data hasil belajar dianalisis keefektivannya dengan menggunakan uji t. Dari hasil analisis diketahui bahwa penerapan kurikulum tahun 2012 tidak efektif meningkatkan kemampuan produktif berbahasa Jepang mahasiswa. | en_US |
dc.publisher | UMY | en_US |
dc.title | KEEFEKTIVAN PENERAPAN KURIKULUM TAHUN 2012 PADA PRODI PENDIDIKAN BAHASA JEPANG UNNES | en_US |