Browsing Dinamika Perkembangan Bahasa Jepang di Indonesia by Title
Now showing items 1-20 of 28
-
ALIENASI TOKOH C DALAM NOVEL HAKO OTOKO KARYA ABE KOBO
(UMY, 2017)Novel mencerminkan realitas, tidak dengan melukiskan wajah yang hanya tampak pada permukaan, tetapi dengan memberikan kepada kita sebuah pencerminan realitas yang lebih benar, lebih lengkap, lebih hidup, dan lebih dinamik. ... -
ANALISIS PERBANDINGAN MAKNA KAN’YOKU BAHASA JEPANG YANG TERBENTUK DARI KATA ‘ATAMA’ DENGAN IDIOM BAHASA INDONESIA
(UMY, 2017)Penelitian ini membandingkan idiom dalam Bahasa Jepang dan Bahasa Indonesia. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengklarifikasi perbedaan dan persamaan antara keduanya dalam arti makna, kata dan struktur. Data yang ... -
BELIEF PEMBELAJAR BAHASA JEPANG TERHADAP STUDENT CENTERED LEARNING (SCL) DALAM PERKULIAHAN CHUJOKYU DOKKAI
(UMY, 2017)Metode Student Centered Learning (SCL) berbasis JF Standard telah diterapkan dalam mata kuliah Chujokyu Dokkai Tahun Ajaran 2016/2017. Penelitian ini berfokus pada belief pembelajar bahasa Jepang terhadap kegiatan SCL ... -
DAMPAK PERUBAHAN KURIKULUM PROGRAM STUDI SASTRA JEPANG TERHADAP PRESTASI MAHASISWA SASTRA JEPANG FAKULTAS ILMU BUDAYA UNIVERSITAS BRAWIJAYA TAHUN 2007- 2017
(UMY, 2017)Kurikulum pada perguruan tinggi adalah seperangkat mata kuliah yang ditujukan untuk mendukung pencapaian kompetensi lulusan dan memberikan keleluasaan pada mahasiswa untuk memperluas wawasan dan memperdalam keahlian sesuai ... -
DESKRIPSI RANAH PRIVASI DALAM KOMUNIKASI MASYARAKAT PEKERJA (SHAKAIJIN) PENUTUR BAHASA JEPANG DAN PENUTUR BAHASA INDONESIA
(UMY, 2017)Topik pembicaraan merupakan hal yang penting untuk menghidupkan suatu percakapan. Namun jika topik pembicaraan tersebut menyinggung privasi mitra tutur maka memungkinkan terjadi kesalahpahaman. Kesalahpamahan lebih ... -
DINAMIKA PERKEMBANGAN BAHASA JEPANG DI JURUSAN BAHASA DAN SASTRA UNIVERSITAS BRAWIJAYA MALANG
(UMY, 2017)Program bahasa Jepang di Universitas Brawijaya Malang diawali dengan dibukanya program D1 pada tahun 2001, berkembang menjadi D3 dan berkembang lagi menjadi program S1 Sastra Jepang pada tahun 2007 hingga saat ini. Dengan ... -
DINAMIKA PERKEMBANGAN PENDIDIKAN BAHASA JEPANG DI INDONESIA DAN PERMASALAHANNYA
(UMY, 2017)Pendidikan bahasa Jepang secara formal di Indonesia sudah berjalan lebih dari 50 tahun. Banyak perkembangan dan kemajuan yang telah dicapainya, tetapi masih banyak masalah yang masih tersisa. Masalah yang dialami pembelajar ... -
EFEKTIVITAS APLIKASI ANDROID “KATAKANA MEMORY HINT” DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN HURUF KATAKANA DI KELAS MINOR BAHASA JEPANG
(UMY, 2017)Penelitian ini meneliti keefektifitasan aplikasi android “Katakana Memory Hint” dalam pembelajaran huruf Jepang Katakana pada kelas minor Bahasa Jepang. Pada penelitian ini akan difokuskan pada salah satu huruf Jepang ... -
EVALUASI PENGAJARAN BAHASA JEPANG DI UNIVERSITAS KRISTEN SATYA WACANA
(UMY, 2017)Bahasa Jepang di lingkungan Universitas Kristen Satya Wacana sudah tidak asing lagi karena sudah diajarkan sejak tahun 1985. Pada awalnya Bahasa Jepang diajarkan pada program professional dan Usaha Perjalanan Wisata. ... -
HEDGES ~ TO OMOIMASU PADA WAWANCARA INTERAKTIF DI UNIVERSITAS KITA KYUUSHUU JEPANG
(UMY, 2017)Hedges ~ to omoimasu dalam bahasa Jepang digunakan pada akhir kalimat yang tujuannya untuk menyampaikan ide/pendapat. Hedges “~ to omoimasu” berarti “menurut saya, pendapat saya, saya pikir”. Fungsinya adalah mengurangi ... -
INTERFERENSI GRAMATIKAL BAHASA INDONESIA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA JEPANG DI UNIVERSITAS SUMATERA UTARA
(UMY, 2017)Interferensi sebagai konsekuensi dari adanya kontak bahasa adalah fenomena kebahasaan yang tidak dapat dihindarkan, salah satu bentuk interferensi yang dibahas dalam penelitian ini adalah interferensi gramatikal bahasa ... -
KEEFEKTIVAN PENERAPAN KURIKULUM TAHUN 2012 PADA PRODI PENDIDIKAN BAHASA JEPANG UNNES
(UMY, 2017)Prodi Pendidikan Bahasa Jepang Universitas Negeri Semarang sejak menerima mahasiswa tahun 2005 hingga tahun 2017 ini melakukan perbaikan kurikulum secara berkelanjutan demi tercapainya tujuan pembelajarannya. Pada tahun ... -
KESALAHAN PENGGUNAAN ASPEK DALAM KARANGAN BAHASA JEPANG (SAKUBUN)
(UMY, 2017)Kesalahan dalam penggunaan Aspek dalam sakubun pembelajar bahasa Jepang pada umumnya adalah bentuk ~Suru, bentuk ~Shita, bentuk ~Shite iru dan bentuk ~Shite ita. Kesalahan ini berakibat adanya kekeliruan dalam memahami ... -
KESANTUNAN BERTUTUR MAHASISWA DENGAN DOSEN JEPANG DALAM PEMBELAJARAN BAHASA JEPANG DI DALAM KELAS
(UMY, 2017)Kesantunan bertutur dalam pembelajaran bahasa Jepang di kelas sangat diperlukan. Hal ini dikarenakan mahasiswa sebagai penerima ilmu dari pengajar tentu saja harus menghormati pengajarnya. Orang Jepang pada saat bertutur ... -
KOMUNIKASI YANG BERADAB DALAM KAJIAN EUFEMISME MASYARAKAT TUTUR JEPANG
(UMY, 2017)Bahasa merupakan alat berkomunikasi manusia. Bahasa memberikan vitalitas penting kepada individu dalam struktur sosial yang diikat norma-norma dan kebiasaan. Penutur dalam berkomunikasi harus cermat dan pandai memilih ... -
MODALITAS GAIZEN ‘KEMUNGKINAN’ KA MO SHIRENAI BAHASA JEPANG DAN PADANANNYA DALAM BAHASA INDONESIA
(UMY, 2017)Kesulitan utama dalam memberikan padanan yang sesuai antara pengungkap modalitas bahasa Jepang dan bahasa Indonesia disebabkan oleh perbedaan bentuk pengungkapnya. Bahasa Jepang umumnya diungkapkan dalam bentuk gramatikal ... -
MUATAN BUDI PEKERTI DALAM DONGENG BERJUDUL “TENGUNO KAKUREMINO”
(UMY, 2017)Setiap karya sastra mengandung ajaran budi pekerti yang merupakan amanat cerita. Salah satu karya sastra yang terdapat muatan nilai budi pekerti adalah dongeng yang berjudul “Tenguno Kakuremino”. Permasalahan dalam penelitian ... -
PENERAPAN ACTIVE LEARNING PADA PEMBELAJARAN CHOUKAI UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN NIHONJIJO
(UMY, 2017)Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya pengetahuan Nihonjijo dan rendahnya kemampuan menulis yang berkaitan dengan apa yang dipahaminya dari pembelajaran menyimak (choukai) pada mahasiswa semester V. Pendekatan ... -
PENERAPAN PROJECT WORK DALAM PEMBELAJARAN KAIWA
(UMY, 2017)Penelitian ini menganalisis penggunaan Project Work dalam pembelajaran Jitsuyou Kaiwa untuk mengembangkan keterampilan bahasa, motivasi dan keaktifan mahasiswa. Berdasarkan survei yang dilakukan terhadap mahasiswa Universitas ... -
PENGARUH PERSEPSI MAHASISWA PRODI PBJ UNNES MENGENAI PROFESI GURU TERHADAP MINAT MENJADI GURU
(UMY, 2017)Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kuantitatif yang bertujuan utuk mengetahui bagaimana persepsi mahasiswa mengenai profesi guru dan untuk mengetahui adakah pengaruh persepsi mengenai profesi guru terhadap ...