dc.description.abstract | Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui sejauh mana pengaruh penggunaan multimedia pengajaran bahasa Jepang “Tensai”, terhadap peningkatan kemampuan siswa/i pembelajar bahasa Jepang di tingkat Sekolah menengah Atas (SMA) dan sederajat. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan menggunakan desain penelitian one group pre test-post test. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu, software media pengajaran bahasa Jepang “Tensai”, angket kuesioner tipe Lickert scale, serta interview. Subyek dalam penelitian ini yaitu 16 orang siswa/i SMAN 21 Bandung, yang mempelajari bahasa Jepang melalui kegiatan ekstrakurikuler. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan, diketahui bahwa terdapat peningkatan kemampuan siswa setelah mendapatkan pengajaran menggunakan media “Tensai”. Tampilan media “Tensai” yang menarik dan interaktif juga meningkatkat minat dan motivasi siswa dalam mempelajari bahasa Jepang. Fitur-fitur yang terdapat dalam media “Tensai” juga membantu siswa untuk melakukan pengulangan materi pelajaran secara mandiri di luar kelas. | en_US |