dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi siswa terhadap media card sort yang digunakan sebagai media pembelajaran kosakata bahasa Jepang. Media card sort digunakan untuk mengatasi masalah belajar yang dialami oleh siswa kelas XI SMA Kesatrian 1 Semarang, yaitu dalam hal menghafal kosakata. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian adalah deskriptif kuantitatif. Penelitian ini menggunakan variabel tunggal, yaitu variabel bebas. Variabel bebasnya adalah persepsi siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Kesatrian 1 Semarang. Sedangkan sampel penelitiannya adalah siswa kelas XI IPS 1 dan kelas XI IPS 2 sebanyak 63 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu angket dengan jenis angket semi terbuka. Validitas penelitian menggunakan validitas konstruk. Setelah dilakukan penelitian, hasil data yang diperoleh mengenai persepsi siswa terhadap media card sort, dapat disimpulkan bahwa siswa menyukai pembelajaran menggunakan media card sort karena dapat mempermudah mereka untuk menghafal kosakata bahasa Jepang dan dapat meningkatkan minat belajar siswa. Dengan demikian, media card sort baik digunakan sebagai media pembelajaran kosakata bahasa Jepang. | en_US |