Show simple item record

dc.contributor.authorRASIBAN, LINNA MEILIA
dc.contributor.authorSUTJIATI, NENENG
dc.contributor.authorDAHIDI, AHMAD
dc.date.accessioned2017-12-16T07:17:30Z
dc.date.available2017-12-16T07:17:30Z
dc.date.issued2017
dc.identifier.urihttp://repository.umy.ac.id/handle/123456789/16299
dc.description.abstractPenelitian ini meneliti keefektifitasan aplikasi android “Katakana Memory Hint” dalam pembelajaran huruf Jepang Katakana pada kelas minor Bahasa Jepang. Pada penelitian ini akan difokuskan pada salah satu huruf Jepang yaitu Katakana. Alasan pemilihan huruf ini antara lain Katakana merupakan salah satu huruf yang sulit dipahami dikarenakan cara penulisan dan pelafalan dari kata asalnya berbeda dan adopsi dari berbagai bahasa asing. Bagi pembelajar bahasa Jepang yang tidak memiliki pendidikan formal bahasa Jepang tentunya memerlukan media bantu untuk mempermudah dalam mempelajari huruf Jepang. Dengan memanfaatkan pesatnya perkembangan teknologi smartphone saat ini, aplikasi android telah menjadi media yang tidak asing lagi bagi siapa pun. Hal inilah yang melatarbelakangi penelitian ini untuk memanfaatkan multimedia aplikasi android “Katakana Memory Hint” karya The Japan Foundation. Penelitian ini menggunakan metode ekperimen kuasi. Responden dalam penelitian ini diambil dari tiga kelas minor bahasa Jepang yaitu dari Prodi Manajemen Industri Katering (MIK), Perhotelan dan Sosiologi dengan masing-masing kelas 30 responden. Jadi keseluruhan sampel penelitian adalah 60 responden. Berdasarkan hasil uji coba dan evaluasi sebanyak 70% dari responden menunjukkan signifikasi keefektifan aplikasi android “Katakana Memory Hint” dapat membantu responden dalam mengingat penulisan dan cara baca hururf Katakanaen_US
dc.publisherUMYen_US
dc.titleEFEKTIVITAS APLIKASI ANDROID “KATAKANA MEMORY HINT” DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN HURUF KATAKANA DI KELAS MINOR BAHASA JEPANGen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record