dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan penggunaan kosakata bahasa Jepang pada mahasiswa tingkat I Program Studi Sastra Jepang Universitas Sumatera Utara melalui pembelajaran yang efektif dan variatif. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Subjek penelitian adalah mahasiswa tingkat I Program Studi Sastra Jepang sebanyak 40 orang, terdiri dari 15 orang mahasiswa laki-laki dan 25 orang mahasiswa perempuan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, catatan lapangan, dokumentasi dan hasil tes kosakata. Desain penelitian yang digunakan adalah pre-test posttest design. Hasil penelitian menunjukkan hasil pre-test atau tes awal kosakata bahasa Jepang yaitu 63,16. Dari hasil tes tersebut ternyata kemampuan kosakata bahasa Jepang mahasiswa masih rendah. Pada siklus 1 hasil tes kosakata mahasiswa yaitu 82,68, hal ini menunjukkan bahwa kemampuan mahasiswa mengalami peningkatan 19,52. Pada siklus 2 hasil tes kosakata mahasiswa yaitu 92,14, hal ini menunjukkan peningkatan terhadap kemampuan mahasiswa sebanyak 9,44. Dari data persentase mahasiswa tersebut menunjukkan bahwa pembelajaran dengan meng gunakan akrostik dapat meningkatkan kemampuan di dalam proses belajar dan mengajar | en_US |