Show simple item record

dc.contributor.advisorJUNAEDI, FAJAR
dc.contributor.authorDJ, AGUS ABDUL QADIR
dc.date.accessioned2018-01-19T03:41:22Z
dc.date.available2018-01-19T03:41:22Z
dc.date.issued2017-12-06
dc.identifier.urihttp://repository.umy.ac.id/handle/123456789/17024
dc.descriptionGlobalisasi berjalan berdampingan dengan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi. Globalisasi mambawa dunia pada suatu keadaan dimana setiap orang melakukan dan mengkonsumsi hal yang sama seperti makan siang di restoran makan cepat saji, menonton film Hollywood yang juga ditonton oleh orang dibelahan dunia lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana globalisasi direpresentasikan oleh National Geographic edisi Agustus 1999 melalui foto-foto Joe McNally. Metode semiotika Roland Barthes dengan kedua tatanan signifikasinya digunakan untuk mengobservasi bagaimana globalisasi digambarkan sebagai realita yang dikonstruksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa globalisasi digunakan untjk menyebarluaskan propaganda dan agenda hegemonik atas dunia oleh Amerika Serikat melalui film-film Hollywood. Hollywood seringkali merepresentasikan kulit putih sebagai kaum superior sedangkan kulit hitam sebagai kaum inferior. Globalisasi juga digunakan dengan baik untuk menyerbarkan Amerikanisasi dan modernisasi khususnya pada Dunia Ketiga. Amerikanisasi berupaya untuk mengeksploitasi pasar dan sumber daya dunia. Globalisasi muncul untuk memberikan kekuasaan pada ideologi kapitalisme dan imperilismeen_US
dc.description.abstractGlobalization is getting along side by side with the growth of information and communication technology. Globalization brings the world into a situation where people do the same thing and consume the same thing such as to get lunch in a fast food restaurant, watching the same Hollywood movies and so on. This research aims to see how globalization is represented by National Geographic Magazine in the August 1999 issue through Joe McNally’s photographs. A semiotic method of Roland Barthes with his two order significations is used to observe how the globalization is portrayed as a constructed reality. The result of the research shows that globalization is used to spread propaganda and hegemonic agenda to the world by United States through Hollywood movies. Hollywood frequently represents the white as a superior and the black as inferior. Globalization is well used to spread the Americanization and modernization to the world, especially to Third World. Americanization attempts to control and to exploit the market and the world resources. Globalization emerges to empower the ideology of capitalism and imperialism to the world.en_US
dc.publisherFAKULTAS ILMU SOSIAL DAN POLITIK UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTAen_US
dc.subjectglobalization, Americanization, modernization, imperialism, capitalism Globalisasi, Amerikanisasi, modernisasi, imperialisme, kapitalismeen_US
dc.titleREPRESENTASI GLOBALISASI DALAM MAJALAH NATIONAL GEOGRAPHICen_US
dc.title.alternativeAnalisis Semiotika Representasi Globalisasi Foto Joe McNally dalam Majalah National Geographic Edisi Agustus 1999en_US
dc.typeThesis SKR 766en_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record