Show simple item record

dc.contributor.advisorAZHAR, MUH
dc.contributor.authorHANIF, MUHAMMAD ALIMUL
dc.date.accessioned2018-01-23T02:29:35Z
dc.date.available2018-01-23T02:29:35Z
dc.date.issued2017-12-18
dc.identifier.urihttp://repository.umy.ac.id/handle/123456789/17158
dc.descriptionM Alimul Hanif. 20140720207. Perbandingan antara Sistem Pendidikan Islam dengan Yahudi. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam (Tarbiyah) Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, 2017. Latar belakang penelitian ini adalah disebabkan para praktisi pendidikan Islam mulai mengalihkan pandangan, membenarkan dan berkiblat pada sistem pendidikan non Islam khususnya sistem pendidikan Yahudi untuk dijiplak dan diaplikasikan dalam dunia pendidikan Islam tanpa melihat dengan kaca mata Islam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis konsep dari penyelenggaraan sistem pendidikan dalam Islam dan Yahudi. Setelah dianalisis perbandingan dari kedua sistem dan komponennya, maka dapat diambil intisari dari kedua sistem untuk disimpulkan dan menghasilkan sebuah sistem pendidikan sesuai dengan kacamata Islam dan tidak melanggar hukum syar’i serta lebih relevan dengan sistem pendidikan zaman sekarang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kepustakaan (library research), dengan pendekatan penelitian kualitatif, data diperoleh dari berbagai literatur dengan menggunakan teknik pengumpulan data dokumentasi Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis isi (content analysis) yaitu suatu teknik untuk menarik kesimpulan melalui usaha menemukan karakteristik pesan dan dilakukan secara obyektif dan sistematis dalam penelitian ini. Hasil penelitian ini menunjukan jatuh dan bangitnya sistem pendidikan Islam berawal dari hasil konferensi International Pendidikan Islam yang telah diselenggarakan sebanyak lima kali. Tujuan pendidikan Islam dengan realisasi penyerahan lengkap kepada Allah. Metode pendidikan Islam hingga metode pendidikan anak dalam keluarga sejak anak dalam kandungan hingga dewasa semua merujuk ke Al-Qur'an dan Sunnah. Sistem pendidikan Islam harus menyeimbangkan antara penekanan kuat pada nilai Islam dengan nilai sekuler. Latar belakang kemajuan pada sistem pendidikan Yahudi adalah berawal dari pasca diaspora bangsa Yahudi sehingga membentuk pola pikir mereka dan mencita-citakan terbentuknya sebuah Negara Yahudi yang solid dan merencanakan serta menyusun berbagai kebijakan sampai ke seluruh sendi-sendinya dimulai dari hal-hal yang terkecil contohnya pengaturan pola pendidikan anak dalam keluarga Yahudi sampai kepada hal-hal yang besar termasuk pengaturan pola sistem pendidikan Yahudi. Perbedaan diantara keduanya, Islam lebih berorientasikan ukhrawi sedangkan Yahudi berorientasikan duniawi. Dalam beberapa komponen di keduanya memiliki kesamaan yakni terletak pada konsep dasar, sumber, dan orientasi yaitu pedoman diseluruh aspek pendidikan berlandaskan dari agama untuk agama, serta pelajaran dan pengajarannya yang bersumber dari Kitab-kitab Allah SWT. Dari Kedua model sistem pendidikan ini dapat menghasilkan sistem pendidikan Islam yang lebih relevan sesuai kacamata Islam.en_US
dc.description.abstractM. Alimul Hanif. 20140720207. A Comparison of Islamic and Jewish Teaching Methods. Thesis. Yogyakarta: Islamic Studies Program (Tarbiyah), Faculty of Islamic Studies, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. 2017. The background of this study was based on the changing view of Islamic Education experts who started to justify and apply non-Islamic education system, especially the Jewish system, in the field of Islamic education without measuring the method from Islamic perceptions. This study aims at identifying and analyzing the concept of education system in Islam and Jewish. After an analysis on the comparison of both systems and their components, the researcher could draw a conclusion and find an education system which was in line with Islamic perception, did not break the rule of sharia, and was more relevant with current education system. This study was a library research using qualitative research approach. The data were obtained from several literature using documentation data collection technique. The data were analyzed using content analysis method; a technique to draw conclusion by acquiring the message characteristic conducted objectively and systematically. The results of the study revealed the rise and fall of Islamic education system as the product of Islamic Education International Conference which was conducted five times. The aim of Islamic education was to realize total submission to Allah. The method of Islamic education and parenting referred to Al- Quran and Sunnah. Islamic education system had to balance Islamic and secular values. The development of Jewish education system started after Jewish diaspora. It shaped the Jews’ way of thinking to create a solid Jewish country and many policies on all segments of life, such as on parenting and Jewish education system management. The two methods differed greatly on its orientation. Islam oriented on ukhrawi while Jewish had worldly orientation. Both had some similarities on their components, i.e. the basic concept, source, and orientation as the guideline of all education aspects based on religion for religion. The teachings were taken from the holy books of Allah SWT. From the two, a more relevant Islamic education could be designed.en_US
dc.publisherFAI UMYen_US
dc.subjectEducation System, Islam, Jewish. Sistem Pendidikan, Islam, Yahudi.en_US
dc.titlePERBANDINGAN ANTARA SISTEM PENDIDIKAN ISLAM DENGAN YAHUDIen_US
dc.typeThesis SKR FAI 417en_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record