Show simple item record

dc.contributor.advisorNURCAHYADI, TEDY
dc.contributor.advisorAGUNG, TITO HADJI
dc.contributor.authorPRABOWO, ENGGAR WAHYU
dc.date.accessioned2018-02-09T03:39:31Z
dc.date.available2018-02-09T03:39:31Z
dc.date.issued2016-06-06
dc.identifier.urihttp://repository.umy.ac.id/handle/123456789/17631
dc.description.abstractIndonesia merupakan salah satu negara yang berkembang, dimana masyarakatnya memerlukan kendaraan untuk melaksanakan aktivitas. Salah satu kendaraan yang paling diminati adalah kendaraan bermotor. Mesin sepeda motor memerlukan pelumasan untuk mengurangi gesekan yang terjadi antara kedua permukaan logam dan komponen-komponen mesin lainnya, sehingga umur mesin akan lebih panjang. Fungsi oli bukan hanya sebagai pelumas saja, melainkan juga sebagai pendingin mesin yaitu dari panas yang berasal dari kinerja mesin sehingga dapat meminimalkan resiko terjadinya kerusakan pada mesin. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui karakteristik viskositas dan konduktivitas thermal ketiga produk minyak pelumas beserta pengaruhnya terhadap sepeda motor. Penelitian kali ini menggunakan oli MPX2, oli BM1 dan oli Motul 3100. Pada pengujian viskositas dilakukan pada variasi temperatur kamar, 300C, 400C, 500C, dan 600C. Sedangkan alat yang digunakan untuk pengujian viskositas adalah viskometer NDJ 5S. Kemudian untuk pengujian konduktivitas termal dilakukan pada 5 variasi tengangan dan arus yang mengalir ke heater yaitu posisi 1, posisi 2, posisi 3, posisi 4 dan posisi 5. Alat yang digunakan untuk pengujian konduktivitas thermal adalah Thermal Conductivity of Liquid and Gases Unit. Pada pengujian torsi dan daya dilakukan di Mototech sedangkan pengujian konsumsi bahan bakar dilakukan di Stadion Sultan Agung Bantul dengan rute sepanjang ±4 km dan kecepatan ±40 km/jam, menggunakan bahan bakar pertamax. Dari hasil pengujian ditunjukan viskositas oli MPX2 paling tinggi dan konduktivitas termal oli BM1 paling tinggi. Daya maksimum diperoleh oli MPX2 dengan besar 7,7 HP pada torsi 7,97 N.m dengan konsumsi bahan bakar 1 liter sejauh 60,07 km dan daya terendah diperoleh oli MOTUL dan BM1 dengan daya yang sama sebesar 7,6 HP. Kemudian untuk torsi lebih tinggi oleh MOTUL dengan nilai sebesar 7,89 N.m dengan konsumsi bahan bakar 1 liter sejauh 57 km dan BM1 dengan torsi sebesar 7,88 N.m dengan konsumsi bahan bakar 1 liter sejauh 53,77 km. Dapat disimpulkan dari data yang diperoleh bahwa MPX2, oli BM1 dan oli Motul 3100 memiliki nilai karakteristik yang bervariasi.en_US
dc.publisherFAKULTAS TEKNIK UMYen_US
dc.subjectViskositas, Konduktivitas Thermal, Daya, Torsi, Konsumsi Bahan Bakaren_US
dc.titleKARAKTERISTIK VISKOSITAS DAN KONDUKTIVITAS TERMAL TIGA PRODUK MINYAK PELUMAS BESERTA PENGARUHNYA TERHADAP KINERJA SEPEDA MOTOR HONDA SCOOPY 110 CCen_US
dc.typeThesis SKR F T 681en_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record