Show simple item record

dc.contributor.advisorISMAIL, GHOFFAR
dc.contributor.authorZULAIKHA, ZULAIKHA
dc.date.accessioned2018-03-03T03:10:13Z
dc.date.available2018-03-03T03:10:13Z
dc.date.issued2017-08-21
dc.identifier.urihttp://repository.umy.ac.id/handle/123456789/17788
dc.descriptionPenelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui konsep metode ummi dalam pelaksanaan program tahfidz Al-Qur’an. (2) Bagaimana penerapan metode ummi dalam pelaksanaan program tahfidz Al-Qur’an di Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Insan Utama Tamantirto, Kasihan, Bantul dan (3) Mengetahui apa saja yang menjadi kendala guru dalam penerapan metode ummi dalam pelaksanaan program tahfidz Al-Qur’an di Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Insan Utama Tamantirto, Kasihan, Bantul. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan metode ummi dalam tahfidz Al Qur’an. Dengan kata lain penelitian deskriptif kualitatif bertujuan untuk memperoleh informasi-informasi mengenai keadaan yang ada. Penelitian kali ini meneliti siswa di SDIT Insan Utama Tamantirto Kaishan Bantul. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti maka hasilnya menunjukkan bahwa (1) konsep dari metode ummi adalah lebih fokus pada tahsin Al Qur’an dan juga berfokus pada jilid ummi saja, akan tetapi tahfidz Al Qur’an disini adalah sebagai pengembangan konsep metode ummi yaitu tahsin Al Qur’an. (2) Dalam penerapannya, metode ummi dapat diterapkan pada program tahfidz Al Qur’an, karena bagaimanapun tahsin Al Qur’an adalah tetap menggunakan Al Qur’an dan tahfidz Al Qur’an inilah yang menjadi salah satu alternatif dari sekolah untuk mengajarkan tahsin Al Qur’an terhadap siswa. (3) Kendala yang dihadapi oleh SDIT Insan Utama adalah kurangnya dukungan orang tua, kurang tersedianya ustadzah tahfidz/tim ummi, serta sarana dan prasarana yang kurang memadai. Jadi untuk kegiatan pembelajaran menjadi kurang efektif dan maksimal dalam penyampaiannya.en_US
dc.description.abstractThis research is aimed to (1) investigate ummi method the implementation of tahfidz Al-Qur’an program (2) to investigate how ummi is implemented in tahfidz Al-Qur’an program in integrated Islamic elementary school (SDIT) Insan utama tamantirto, kasihan, Bantul, and (3) to investigate the obstacles faced by the teachers in implementing the tahfidz Al-Qur’an program in integrated Islamic elementary school (SDIT) Insan utama tamantirto, kasihan, Bantul. This research carried out descriptive qualitative approach aimed to describe the implemation of ummi method in tahfidz Al-Quran program. In other words, this descriptive qualitative research is aimed to gather information on the existing condition. This research was conducted in SDIT Insan Utama Tamantirto Kasihan Bantul. The findings of the research show that (1) the concept of ummi method focused more on the tahsin of Al Qur’an and the volumes of Al Qur’an, but tahfidz Al-qur’an in this context refers to concept development of ummi method that is tahsin of Al-Qur’an. (2) In its implementation, ummi method can be implemented in the program of tahfidz Al-qur’an as well because the tahsin of Al qur’an still uses Al-Quran and this tahfidz Al-Qur’an becomes one alternative at schools to teach the students tahsin of Al-Qur’an. (3) the obstacles faced by the SDIT Insan Utama is lack of supports from the parents, unviability of ustadzah of tahfidz/nim, and inadequate facilities and infrastructure. Therefore, the teaching and learning process is not effective.en_US
dc.publisherFAKULTAS AGAMA ISLAM UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTAen_US
dc.subjectUmmi Method, Tahfidz Al-Qur’an Metode Ummi, Tahfidz Al-Qur’anen_US
dc.titlePENERAPAN METODE UMMI DALAM PELAKSANAAN PROGRAM TAHFIDZ AL-QUR’AN DI SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU (SDIT) INSAN UTAMA TAMANTIRTO KASIHAN BANTULen_US
dc.typeThesisen_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record