ANALISIS PEMASARAN EMPING MELINJO DIKECAMATAN BANGUNTAPAN KABUPATEN BANTUL YOGYAKARTA
Abstract
Emping mlinjo merupakan salah satu makanan khas oleh -oleh yang berbahan baku mlinjo.tujuan penelitian ini adalah mengetahui saluran pemasaran emping dan fungsi lembaga pemasaran,menganalisis biaya,keuntungan dan margin pemasaran emping mlinjoserta mengetahui timgkat efisiensi ekonomis masing masing saluran pemasaran yang ditinjau dan rasio biaya pemasaran dengan nilai produk yang ditawarkan.pengambilan responden dilakukan secara sensus sebanyak 51 pengrajin emping mlinjo dikecamatan banguntapan.metode snowball digunakan untuk mengambil 30respinden pedagang emping mlinjo.Hasil lapangan menunjukan bahwa terdapat 4 pola saluran emping mlinjo I(produsen langsung konsumen),II (produsen pedagang pengecer ,konsumen),III(produsen,pedagang pengepul,pedagang besar,pedagang pengecer,konsumen) dan IV (dengan jumlah Rp.15.303,- dan Rp 3.102,-.Keuntungan pemasaran yang melali lembaga pemasaran terdapat pada saluran IV