View Item 
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Medicine and Health Science
      • Department of Medical Education
      • View Item
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Medicine and Health Science
      • Department of Medical Education
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      EFEKTIVITAS MODUL PSIKOEDUKASI TERHADAP SIKAP DAN PERILAKU KADER KESEHATAN TENTANG SKIZOFRENIA

      Thumbnail
      View/Open
      ABSTRAK (346.7Kb)
      BAB I (1.323Mb)
      BAB II (2.613Mb)
      BAB III (1.047Mb)
      BAB IV (2.135Mb)
      BAB V (152.8Kb)
      COVER (140.5Kb)
      DAFTAR PUSTAKA (1.224Mb)
      HALAMAN JUDUL (1.010Mb)
      LAMPIRAN (640.1Kb)
      LEMBAR PENGESAHAN (129.6Kb)
      Date
      2015-02-18
      Author
      ARGANIST, MAHARANI PRIMASTUTI
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Kader kesehatan memiliki peran penting dalam memberikan dukungan sosial kepada masyarakat mengenai hal – hal yang berhubungan dengan kesehatan, khususnya bidang kesehatan jiwa yaitu skizofrenia. Tidak semua kader kesehatan memiliki sikap dan perilaku yang baik mengenai skizofrenia karena kurangnya pengetahuan. Psikoedukasi yang tertata dalam sebuah modul dapat membantu meningkatkan pengetahuan serta memperbaiki sikap dan perilaku kader kesehatan tentang skizofrenia. Penelitian ini menggunakan quasi-experimental design dengan rancangan Pre-test-Post-test with one group design untuk menilai sikap dan perilaku kader kesehatan tentang skizofrenia pada awal dan akhir penelitian menggunakan kuestioner sikap dan perilaku yang telah tervalidasi. Terdapat 21 sampel kader kesehatan di Puskesmas Imogiri II, Desa Mojohuro Sriharjo, Kabupaten Bantul, Yogyakarta. Responden mendapat perlakuan berupa penyuluhan mengenai skizofrenia sebanyak 4 kali selama 4 minggu. Analisis statistik menunjukkan bahwa sampel yang diteliti mengalami peningkatan skor sikap yang signifikan setelah diberi perlakuan (p=0,008). Sedangkan untuk perilaku menunjukkan peningkatan yang signifikan setelah diberi perlakuan (p=0.002). Dapat disimpulkan terdapat pengaruh yang bermakna pemberian modul psikoedukasi terhadap sikap dan perilaku kader kesehatan tentang skizofrenia.
      URI
      http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/18043
      Collections
      • Department of Medical Education

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV
       

       

      Browse

      All of UMY RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV