EFEKTIFITAS LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MENUMBUHKAN AKHLAK MULIA SISWA DI SMA MUHAMMADIYAH 7 YOGYAKARTA
Abstract
Pendidikan di abad ini menuntut manajemen pendidikan
yang modern dan profesional dengan bernuamnsa pendidikan.
Lembaga-lembaga pendidikan diharapkan mampu mewujudkan
peranannya secara efektif, untuk meningkatkan mutu pendidikan
secara formal asfek guru mempumnyai peranan penting dalam
memuwujudkannya. Guru merupakan kunci keberhasilan
pendidikan, sebab inti dari kegiatan pendidikan adalah belajar
mengajar yang memerlukan peran dari guru didalamnya. Untuk
itu, lembaga pendidikan dalam berbagai jenis dan jenjang
memerlukan pencerahan dan pemberdayaan dalam berbagai
asfeknya. Tak terlepas dari keberhasilan kependidikan tersebut
adalah peran dari seorang guru BK, karena dengan adanya guru
BK, setiap masalah yang ada pada setiap siswa dapat di atasi dan
setiap siswa dapat dimotivasi oleh guru BK. Disisi lain, peran
guru BK juga tidak hanya sebagai fasilitator tetapi juga sebagai
seorang da’i yang membimbing, mengarahkan, mengajarakan
kebaikan, memiliki tanggung jawab moral, dan mampu menjadi
contoh yang baik bagi anak didiknya.
Berpijak dari penerapan diatas. Penelitian ini bertujuan
untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan program bimbingan
konseling dan sejauh mana efektivitas layanannya dalam
menumbuhkan akhlak mulia pada siswa. Dari hasil tersebut
diharapkan dapat digunakan untuk mengetahui sejauh mana
efektivitas layanan bimbingan dan konseling dalam
menumbuhkan akhlak mulia pada siswa serta memberikan
sumbangan untuk SMA Muhammadiyah 7 Yogyakarta sebagai
sekolah yang berperestasi lagi mulia. Penelitian ini merupakan
penelitian (kualitatif) dengan menggunakan metode observasi,
wawancara (interview), dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini menunjukakan bahwa layanan
bimbingan dan konseling dalam menumbuhkan akhlak mulia
siswa di SMA Muhammadiyah 7 Yogyakarta telah terlaksana
dengan efekti