View Item 
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Islamic Studies
      • Department of Tarbiyah
      • View Item
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Islamic Studies
      • Department of Tarbiyah
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      UPAYA GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM PENANGGULANGAN KENAKALAN SISWA DI SMK MUHAMMADIYAH 2 PONJONG GUNUNGKIDUL

      Thumbnail
      View/Open
      BAB II (75.19Kb)
      BAB III (26.78Kb)
      BAB IV (309.8Kb)
      BAB V (24.29Kb)
      COVER (139.2Kb)
      DAFTAR PUSTAKA (213.6Kb)
      HALAMAN JUDUL (113.9Kb)
      LEMBAR PENGESAHAN (163.8Kb)
      BAB I (32.19Kb)
      Date
      2015
      Author
      PUTRI, IKA DANIYATI
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mengungkap upaya guru bimbingan dan konseling dalam penanggulangan kenakalan siswa, mengetahui bentuk-bentuk kenakalan siswa, dan mengetahui faktor penghambat dan pendukung upaya guru bimbingan dan konseling dalam penanggulangan kenakalan siswa di SMK Muhammadiyah 2 Ponjong Gunungkidul. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian lapangan (field research) yang bersifat deskriptif kualitatif.Dalam penentuan subyek atau informan, peneliti mengambil sampel dengan menggunakan metode purposive sampling.Dalam penelitian ini dipergunakan pengumpulan data yang diperoleh dengan melakukan penelitian secara langsung di lapangan.Informan dalam penelitian ini adalah Kepala sekolah, guru bimbingan dan konseling, guru pendidikan agama Islam dan siswa.Data dikumpulkan dengan observasi, dokumentasi, dan wawancara. Hasil penelitian menyatakan bahwa (1) Bentuk-bentuk kenakalan siswa di SMK Muhammadiyah 2 Ponjong, Gunungkidul dapat dikategorikan menjadi 3, yaitu kenakalan ringan, kenakalan sedang, dan kenakalan berat. (2) Upaya guru bimbingan dan konseling yaitu menasehati siswa yang tergolong nakal, melalui mata pelajaran di kelas, mengintensifkan bimbingan dan konseling di sekolah, dan melakukan penyuluhan keadaran hukum.Selain itu BK juga mempunyainkegiatan tersendiri antara lain bimbingan pribadi, sosial, belajar, dan karir serta kegiatan-kegiatan keagamaan.(3) Faktor penghambat upaya guru BK dalam penanggulangan kenakalan antara lain, ada sebagian guru yang acuh, banyak guru yang bekerja disekolah lain, perkembangan media, pengaruh teman sebaya, tidak semua guru ISMUBA standbay, enggan menerima masukan dari semua guru. Sedangkan faktor pendukung guru BK dalam penanggulangan kenakalan antara lain ditangani semua warga sekolah, dari segi SDM dari guru-guru rata-rata mendukung, banyak waktu luang untuk memberikan materi tentang akhlak. Hasil setelah adanya bimbingan yaitu ada anak yang menjadi baik, taat terhadap peraturan sekolah, akan tetapi sebaliknya ada anak yang sering mengulangi kenakalan lagi.
      URI
      http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/18089
      Collections
      • Department of Tarbiyah

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV
       

       

      Browse

      All of UMY RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV