Show simple item record

dc.contributor.authorRACHMAN, ARIF
dc.date.accessioned2018-03-24T02:08:36Z
dc.date.available2018-03-24T02:08:36Z
dc.date.issued2015-08-25
dc.identifier.urihttp://repository.umy.ac.id/handle/123456789/18186
dc.descriptionBerdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang penulis lakukan dapat disimpulkan sebagai berikut : 1. Implementasi kepemimpinan kepala sekolah di SMA Muhammadiyah Wonosari menurut peranan kepala sekolah sebagai edukator, manajer, administrator, supervisor, leader, innovator dan motivator berada pada taraf yang bervariasi, yaitu baik, cukup, dan kurang. Dari tujuh peranan kepala sekolah, dua diantaranya telah berada pada taraf baik, empat peranan berada pada taraf cukup, dan satu peranan lainnya berada pada taraf kurang. Hasil penelitian mengenai taraf implementasi kepemimpinan kepala sekolah SMA Muhammadiyah Wonosari menunjukkan bahwa kepala sekolah telah melaksanakan peranan dengan baik sebagai edukator yang mengajar di kelas, memberi contoh mengajar, membimbing dan mengembangkan guru- guru, karyawan serta parasiswa, menjadi leader yang bertanggungjawab dalam melakukan koordinasi serta komunikasi kepada atasan maupun bawahan, cukup baik sebagai manajer yang menyusun perencanaan dan program sekolah, mengorganisasikan personalia, memberdayakan tenaga kependidikan serta mendayagunakan sumber daya sekolah, menjadi administrator yang mengelola seluruh kegiatan administrasi di sekolah, sebagai innovator yang menemukan ide gagasan dan melakukan perubahan, serta sebagai motivator yang mengatur lingkungan dan suasana kerja, menerapkan prinsip penghargaan dan hukuman serta kemampuan dalam menyediakan sumber belajar bagi sekolah, sedangkan sisanya masih kurang dalam peranan sebagai supervisor yang menyusun supervisi, melakukan kunjungan kelas, mengembangkan materi-materi kurikulum, menilai dan menyeleksi buku-buku perpustakaan untuk guru serta berwawancara dengan orang tua murid. 2. Faktor Pendukung dan Penghambat dalam Implementasi Kepemimpinan Kepala Sekolah di SMA Muhammadiyah Wonosari adalah : a. Faktor pendukung Segala hal yang mendukung pelaksanaan kepemimpinan kepala sekolah, antara lain : Adanya tenaga guru dan karyawan yang profesional, Pendidikan dan pengalaman organisasi, serta Bakat kepemimpinan. b. Faktor penghambat Segala hal yang menghambat kepala sekolah dalam melaksanakan kepemimpinannya, antara lain : Kuantitas siswa yang rendah dan Minimnya intelektual siswa, Sarana prasarana yang belum lengkap, serta Minimnya ekonomi orang tua.en_US
dc.description.abstractBerdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang penulis lakukan dapat disimpulkan sebagai berikut : 1. Implementasi kepemimpinan kepala sekolah di SMA Muhammadiyah Wonosari menurut peranan kepala sekolah sebagai edukator, manajer, administrator, supervisor, leader, innovator dan motivator berada pada taraf yang bervariasi, yaitu baik, cukup, dan kurang. Dari tujuh peranan kepala sekolah, dua diantaranya telah berada pada taraf baik, empat peranan berada pada taraf cukup, dan satu peranan lainnya berada pada taraf kurang. Hasil penelitian mengenai taraf implementasi kepemimpinan kepala sekolah SMA Muhammadiyah Wonosari menunjukkan bahwa kepala sekolah telah melaksanakan peranan dengan baik sebagai edukator yang mengajar di kelas, memberi contoh mengajar, membimbing dan mengembangkan guru- guru, karyawan serta parasiswa, menjadi leader yang bertanggungjawab dalam melakukan koordinasi serta komunikasi kepada atasan maupun bawahan, cukup baik sebagai manajer yang menyusun perencanaan dan program sekolah, mengorganisasikan personalia, memberdayakan tenaga kependidikan serta mendayagunakan sumber daya sekolah, menjadi administrator yang mengelola seluruh kegiatan administrasi di sekolah, sebagai innovator yang menemukan ide gagasan dan melakukan perubahan, serta sebagai motivator yang mengatur lingkungan dan suasana kerja, menerapkan prinsip penghargaan dan hukuman serta kemampuan dalam menyediakan sumber belajar bagi sekolah, sedangkan sisanya masih kurang dalam peranan sebagai supervisor yang menyusun supervisi, melakukan kunjungan kelas, mengembangkan materi-materi kurikulum, menilai dan menyeleksi buku-buku perpustakaan untuk guru serta berwawancara dengan orang tua murid. 2. Faktor Pendukung dan Penghambat dalam Implementasi Kepemimpinan Kepala Sekolah di SMA Muhammadiyah Wonosari adalah : a. Faktor pendukung Segala hal yang mendukung pelaksanaan kepemimpinan kepala sekolah, antara lain : Adanya tenaga guru dan karyawan yang profesional, Pendidikan dan pengalaman organisasi, serta Bakat kepemimpinan. b. Faktor penghambat Segala hal yang menghambat kepala sekolah dalam melaksanakan kepemimpinannya, antara lain : Kuantitas siswa yang rendah dan Minimnya intelektual siswa, Sarana prasarana yang belum lengkap, serta Minimnya ekonomi orang tua.en_US
dc.publisherFAKULTAS AGAMA ISLAM UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTAen_US
dc.subjectimplementasi kepemimpinan kepala sekolahen_US
dc.titleIMPLEMENTASI KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DI SMA MUHAMMADIYAH WONOSARIen_US
dc.typeThesisen_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record