View Item 
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Islamic Studies
      • Department of Tarbiyah
      • View Item
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Islamic Studies
      • Department of Tarbiyah
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      IMPLEMENTASI KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DI SMA MUHAMMADIYAH WONOSARI

      Thumbnail
      View/Open
      HALAMAN JUDUL (1.396Mb)
      LEMBAR PENGESAHAN (147.7Kb)
      BAB I (192.7Kb)
      BAB II (217.9Kb)
      BAB III (117.1Kb)
      BAB IV (624.5Kb)
      BAB V (464.9Kb)
      BAB VI (16.30Kb)
      COVER (272.5Kb)
      LAMPIRAN (860.8Kb)
      Date
      2015-08-25
      Author
      RACHMAN, ARIF
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang penulis lakukan dapat disimpulkan sebagai berikut : 1. Implementasi kepemimpinan kepala sekolah di SMA Muhammadiyah Wonosari menurut peranan kepala sekolah sebagai edukator, manajer, administrator, supervisor, leader, innovator dan motivator berada pada taraf yang bervariasi, yaitu baik, cukup, dan kurang. Dari tujuh peranan kepala sekolah, dua diantaranya telah berada pada taraf baik, empat peranan berada pada taraf cukup, dan satu peranan lainnya berada pada taraf kurang. Hasil penelitian mengenai taraf implementasi kepemimpinan kepala sekolah SMA Muhammadiyah Wonosari menunjukkan bahwa kepala sekolah telah melaksanakan peranan dengan baik sebagai edukator yang mengajar di kelas, memberi contoh mengajar, membimbing dan mengembangkan guru- guru, karyawan serta parasiswa, menjadi leader yang bertanggungjawab dalam melakukan koordinasi serta komunikasi kepada atasan maupun bawahan, cukup baik sebagai manajer yang menyusun perencanaan dan program sekolah, mengorganisasikan personalia, memberdayakan tenaga kependidikan serta mendayagunakan sumber daya sekolah, menjadi administrator yang mengelola seluruh kegiatan administrasi di sekolah, sebagai innovator yang menemukan ide gagasan dan melakukan perubahan, serta sebagai motivator yang mengatur lingkungan dan suasana kerja, menerapkan prinsip penghargaan dan hukuman serta kemampuan dalam menyediakan sumber belajar bagi sekolah, sedangkan sisanya masih kurang dalam peranan sebagai supervisor yang menyusun supervisi, melakukan kunjungan kelas, mengembangkan materi-materi kurikulum, menilai dan menyeleksi buku-buku perpustakaan untuk guru serta berwawancara dengan orang tua murid. 2. Faktor Pendukung dan Penghambat dalam Implementasi Kepemimpinan Kepala Sekolah di SMA Muhammadiyah Wonosari adalah : a. Faktor pendukung Segala hal yang mendukung pelaksanaan kepemimpinan kepala sekolah, antara lain : Adanya tenaga guru dan karyawan yang profesional, Pendidikan dan pengalaman organisasi, serta Bakat kepemimpinan. b. Faktor penghambat Segala hal yang menghambat kepala sekolah dalam melaksanakan kepemimpinannya, antara lain : Kuantitas siswa yang rendah dan Minimnya intelektual siswa, Sarana prasarana yang belum lengkap, serta Minimnya ekonomi orang tua.
      URI
      http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/18186
      Collections
      • Department of Tarbiyah

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV
       

       

      Browse

      All of UMY RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV