View Item 
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Social and Political Science
      • Department of Communication Science
      • View Item
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Social and Political Science
      • Department of Communication Science
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      REPRESENTASI IDENTITAS PEREMPUAN DALAM IKLAN DETERJEN TAHUN 1990-AN DAN 2000-AN (IDENTITY REPRESENTATION OF WOMAN IN ADVERTISING DETERGENT IN THE 1990’S AND 2000’S)

      Thumbnail
      View/Open
      ABSTRAK (110.9Kb)
      BAB I (1.643Mb)
      BAB II (116.3Kb)
      BAB III (8.840Mb)
      BAB IV (89.58Kb)
      COVER (154.1Kb)
      DAFTAR PUSTAKA (118.6Kb)
      HALAMAN JUDUL (112.0Kb)
      LEMBAR PENGESAHAN (178.2Kb)
      Date
      2015
      Author
      PERSIANA, IRA AMERTHA
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Studi ini berusaha meganalisis iklan deterjen pada tahun 1990-an dan 2000-an tentang identitas perempuan dalam masing-masing subscene yang telah dibuat. Peneliti merasa tertarik pada penelitian identitas perempuan dalam iklan karena perempuan selalu menjadi objek yang terdiskriminasi dalam iklan produk – produk rumah tangga, kecantikan, dan lain – lain. Peneliti memilih beberapa sampel iklan deterjen sebagai objek penelitianya karena dirasa iklan tersebut sesuai dengan indikator representasi indentitas pada perempuan pada tahun 1990-an dan 2000-an. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana representasi identitas perempuan pada tahun 1990-an dan 2000-an yang ada dalam iklan deterjen, serta mengkaji identitas perempuan dalam suatu masyarakat melalui tanda – tanda dan makna yang ditampilkan dalam beberapa iklan tersebut. Metodologi yang digunakan analah kulitatif dengan menggunakan analisis semiotika Roland Barthes untuk meneliti representasi identitas perempuan dalam iklan deterjen tahun 1990-an dan 2000-an. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa identitas perempuan tahun 1990an dan 2000an adalah perempuan tetap didiskriminasi namun dalam representasi yang berbeda. Dengan mitos yang berkembang media memperkuat dengan cara mengkonstruksi perempuan sebagai “konco wingking” yang berarti perempuan hanya dihadapkan dalam tiga hal saja yaitu dapur, sumur, kasur. Sehingga, representasi identitas perempuan menjadi sebuah kajian yang penting ketika media mengkonstruksi perempuan sebagai makhluk yang terdiskriminasi yang diperkuat dengan perempuan sebagai objek dalam sebuah iklan, film, lagu, dan lain – lain.
      URI
      http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/18233
      Collections
      • Department of Communication Science

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV
       

       

      Browse

      All of UMY RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV