STRATEGI KOMUNIKASI KEDAI RAKJAT DJELATA DALAM MEMPOSISIKAN SEBAGAI RUMAH MAKAN KHAS JAWA KUNO
Abstract
Kedai Rakjat Djelata adalah usaha yang bergerak di bidang bisnis kuliner, namun
tidak sepenuhnya untuk bisnis melainkankan sebuah upaya pelestarian budaya Jawa
melalui kulinernya dan juga untuk membantu ekonomi para abdi dalem Keraton
Yogyakarta. Upaya itu dilakukan oleh Kedai Rakjat Djelata untuk memposisikan diri
sebagai rumah makan jhas Jawa kuno.
Studi ini berusaha menganalisis mengenai Strategi Komunikasi yang dilakukan
Kedai Rakjat Djelata dalam Memposisikan Sebagai Rumah Makan Khas Jawa Kuno.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan strategi komunikasi dan
positioning apa saja yang dilakukan Kedai Rakjat Djelata dalam mengenalkan kepada
khalayak bahwa Kedai Rakjat Djelata ini adalah sebagai rumah makan khas Jawa kuno.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis kualitatif
yang berupa uraian dan penjelasan secara deskriptif.
Hasil penelitian menjelaskan bahwa Kedai Rakjat Djelata dalam memposisikan
dirinya melakukan langkah- langkah agar image Kedai Rakjat Djelata berbeda dengan
usaha kuliner lainnya. Hal ini dikuatkan dengan cara menentukan target, cara
berkomunikasi, media yang dipilih, harga yang dibandrol, ornament- ornament yang
digunakan di Kedai Rakjat Djelata, kostum para pelayannya, segi bangunannya, dan
menu- menu yang ditawarkan.